Bank Sentral Korea Diharapkan Longgarkan Kebijakan, Kospi Bullish 4 Hari Berturut

386

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham bursa Korea Selatan berakhir lebih tinggi pada perdagangan hari Selasa (07/04/2020), memperpanjang kenaikan hariannya ke sesi keempat berturut-turut karena sentimen investor semakin membaik atas tanda-tanda bahwa penyebaran virus corona bisa melambat baik secara global jjuga di Korea Selatan.

Kasus COVID-19  di Korea Selatan turun di bawah 50 untuk hari kedua berturut-turut pada hari ini. Tambahan kuatnya sentimen investor oleh harapan bahwa Bank of Korea dapat melonggarkan kebijakan moneter di akhir kuartal ini untuk mengimbangi pukulan ekonomi dari wabah virus.

Menambah momentum aksi beli saham adalah berita bahwa produsen minyak utama termasuk Arab Saudi dan Rusia kemungkinan setuju untuk memotong produksi pada pertemuan Kamis selama AS ikut memotong produksinya.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) naik 32 poin atau 1,8% yang berakhir pada 1.824, masih di posisi tertinggi sejak pertengahan Maret.  Demikian indeks Kospi200 berjangka, naik 4,25 poin atau 1,77% ke posisi 241,15, setelah sempat  turun ke posisi rendah 240,30 dan naik ke posisi 247.20.

Melihat pergerakan saham secara sektoral, semua sektor masuk zona hijau  yang dipimpin oleh lonjakan saham industri naik 2,6%, saham teknologi naik 1,8%, saham konsumen naik 2,6%, saham sektor keuangan naik 1,5% dan saham sektor energi  naik 0,7%.

Sebagai pemimpin saham kapital besar, saham  Samsung Electronics Co naik 1,85 persen , saham pembuat chip No. 2 SK hynix Inc. naik 3,25 persen dan saham produsen mobil terkemuka Hyundai Motor Co naik 1,8 persen. Sebaliknya saham operator portal online Korea Selatan Naver turun 2,02 persen   dan saham perusahaan penyulingan terkemuka SK Innovation Co. turun 0,11 persen .

 

Jul Allens / Analis Senior Vibiz Research Center-Vibiz Consulting 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here