Bursa Eropa Lanjutkan Kenaikan; Saham Perjalanan Menguat

656

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa diperdagangkan menguat tajam pada Selasa (07/04) seiring penurunan kasus baru wabah coronavirus.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 2,5% pada awal perdagangan, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 7,8% untuk memimpin kenaikan, karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 2,18%. Indeks DAX melonjak 3,47%. Indeks CAC menguat 3,10%.

Pasar di Eropa juga bereaksi terhadap berita tadi malam bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah dipindahkan ke perawatan intensif karena gejala coronavirusnya memburuk, menurut sebuah pernyataan dari pemerintah.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab sementara akan mengambil alih tugas perdana menteri sementara Johnson dirawat di rumah sakit.

Terlepas dari penyakit Boris Johnson, ada harapan di Eropa bahwa peningkatan jumlah infeksi dan kematian baru setiap hari mulai menurun.

Sementara itu, menteri keuangan zona Eropa akan bertemu Selasa untuk membahas dukungan dana tambahan untuk blok mata uang beranggotakan 19 negara.

Saham-saham di Asia menguat pada Selasa di tengah meningkatnya harapan bahwa penyebaran pandemi global coronavirus yang melambat.

Dalam hal aksi harga saham individu, operator tur Karnaval dan rantai bioskop Cineworld masing-masing melonjak 26% dan 21%, untuk memimpin indeks blue chip Eropa.

Tidak ada penurunan besar dalam perdagangan awal, tetapi saham yang telah unggul selama wabah coronavirus sebagian besar jatuh di bawah garis datar, termasuk perusahaan biotek Perancis Biomerieux, perusahaan pengiriman alat makanan Jerman Hellofresh dan penyedia perangkat lunak yang bekerja jauh TeamViewer.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan melambatnya kasus baru pandemi coronavirus di wilayah Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here