Dolar AS Naik Tertinggi 1 Minggu

664

(Vibiznews – Forex) Dolar AS mencapai level tertinggi satu minggu pada hari Kamis (16/04) seiring meningkatnya permintaan aset safe haven setelah rilis data pengangguran AS mingguan yang menunjukkan rekor 22 juta orang Amerika telah mencari tunjangan pengangguran pada bulan lalu.

Dolar naik AS 0,45% menjadi 100,08, tertinggi satu minggu terhadap sekeranjang enam mata uang utama, setelah menghentikan penurunan beruntun empat hari sehari sebelumnya.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 1,370 juta menjadi 5,245 juta yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 11 April, kata pemerintah.

Data ritel dan pabrik Dire A.S. dan penurunan harga minyak ke posisi terendah 18 tahun pada hari Rabu memperkuat dolar secara keseluruhan.

Dolar AS telah naik secara luas selama krisis karena investor berebut untuk keselamatan mata uang cadangan dunia, meskipun turun dari tertinggi akhir Maret sejak Federal Reserve AS mengeluarkan serangkaian langkah-langkah untuk mendukung perekonomian.

Presiden AS Donald Trump akan mengumumkan pedoman pembukaan kembali perekonomian negara itu pada konferensi pers hari Kamis.

Euro melanjutkan penurunannya terhadap dolar, turun 0,72% pada $ 1,083 karena kesepakatan kompromi setengah triliun euro antara pemerintah zona Eropa pekan lalu untuk mendukung negara-negara melalui wabah coronavirus secara luas dipandang tidak memadai, terutama untuk Italia yang sarat utang.

Yen melemah 0,25% terhadap dolar, karena Jepang memperpanjang keadaan darurat di luar kota-kota besar ke seluruh negara.

Dolar AS naik terhadap mata uang yang dianggap lebih berisiko, naik tipis terhadap poundsterling Inggris dan dolar Australia dan Selandia Baru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS berpotensi naik seiring menguatnya permintaan safe haven setelah meningkatnya data pengangguran dan jobless claim AS. Indeks dolar AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 100.42-100.86. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 99.93-99.77.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here