Bursa Eropa Menguat Terdorong Harapan Penemuan Obat Coronavirus

851

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat tajam pada hari Jumat (17/04) setelah sebuah laporan bahwa obat yang dikembangkan oleh Gilead Sciences menunjukkan efektivitas dalam mengobati virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 3% pada pertengahan sore, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 7% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE menguat 3,09%. Indeks DAX melonjak 3,43%. Indeks CAC melompat 3,86%.

Pasar saham global menguat setelah berita STAT melaporkan bahwa rumah sakit Chicago yang merawat pasien coronavirus dengan Remdesivir dalam percobaan pulih dengan cepat dari gejala yang parah.

Sementara itu, negara-negara di seluruh dunia termasuk AS dan Jerman, mulai menerapkan rencana untuk mengangkat langkah-langkah penguncian karena tingkat kasus baru menurun.

Saham Asia naik pada Jumat sore meskipun data resmi baru menunjukkan ekonomi China menyusut 6,8% pada kuartal pertama. Di Jepang, Nikkei 225 memimpin kenaikan di antara pasar utama di kawasan itu karena melonjak 3,15%, sementara indeks Kospi Korea Selatan juga naik lebih dari 3% pada bel penutupan.

Di sisi data, inflasi zona Eropa melambat tajam pada bulan Maret menjadi 0,7% tahun-ke-tahun, turun dari 1,2% pada bulan Februari.

Dalam hal aksi harga saham individu, raksasa bisnis outsourcing Inggris Capita melonjak 16%, sementara operator bioskop Cineworld memimpin lonjakan untuk saham perjalanan dan liburan, naik lebih dari 13%.

Di ujung lain dari patokan Eropa, perusahaan pengiriman peralatan makan Jerman Hellofresh dan penyedia perangkat lunak yang bekerja jauh Teamviewer masing-masing turun 5% dan 4,5%, di tengah tanda-tanda bahwa negara-negara akan kembali bekerja bulan depan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring perlambatan kasus coronavirus dan pelonggaran lockdown di kawasan Eropa. Sentimen harapan penemuan obat coronavirus juga memberikan dorongan positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here