Korea Selatan Umumkan Tambahan Stimulus, Kospi Bangkit dari Bearish 2 Hari

446

(Vibiznews – Indeks) – Setelah alami pergerakan bearish selama 2 hari berturut, perdagangan bursa saham Korea Selatan berhasil bangkit dan memangkas kerugian sebelumnya. Indeks Kospi yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya kemudian rebound dan bergerak rally hingga akhir sesi.

Saham-saham Kospi secara agresif diburu banyak investor ritel sebagai respon terhadap paket stimulus pemerintah Korea Selatan dan optimis menunggu laporan hasil kuartalan perusahaan di tengah kesusahan coronavirus.

Pemerintah mengumumkan paket bantuan yang diperbesar untuk bisnis yang terkena wabah COVID-19,  ditingkatkan menjadi 135 triliun won dari yang sebelumnya ditetapkan 100 triliun won untuk membantu perusahaan yang terkena virus. Dimana dari tambahan 35 triliun won, 20 triliun won akan dihabiskan untuk membeli lebih banyak obligasi korporasi dan 10 triliun won akan diperluas untuk usaha kecil dengan pinjaman baru.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) menguat  16,78 poin atau 0,89% yang berakhir pada 1.897. Demikian indeks Kospi200 berjangka, menguat 1,25 poin atau 0,50% ke posisi 249,65, setelah sempat  turun ke posisi rendah 243,70 dan naik ke posisi 250.10.

Saham teknologi dan penerbangan memimpin kenaikan, dengan pemimpin pasar Samsung Electronics Co naik 1,2 persen, saham SK hynix Inc. naik 3,2 persen, dan saham Korea Air Lines Co. naik 0,5 persen.

Terdapat juga saham-saham kapital besar yang anjlok seperti saham  Hyundai Motor Co turun 1 persen, saham pembuat baja terkemuka POSCO turun 0,6 persen  dan saham perusahaan penyulingan No 1 SK Innovation Co. turun 2,2 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here