Aussie Berhasil Menembus Puncak Tinggi 9 Pekan Lawan Dolar AS

521

(Vibiznews – Forex) – Anjloknya posisi dolar AS terhadap banyak rival utamanya dan juga secara indeks, memberikan dorongan bagi kurs aussie dalam pair AUDUSD melaju menembus kisaran tertinggi lebih dari 2 bulan atau sekitar 9 pekan. Dukungan pair datang dari pergerakan kuat bursa saham global sejak sesi Asia, meski kini Wall Street mixed.

Pair AUDUSD yang dibuka pada posisi 0.6523 kini bergerak kuat dengan kenaikan 0,63% ke posisi 0.6584. Posisi pair terkini merupakan posisi tertinggi sejak perdagangan 10 Maret 2020. Rally pair hari ini melanjutkan lompatan aussie pada perdagangan sebelumnya oleh support lonjakan harga minyak mentah.

Sentimen kuat yang membuat pair melaju dengan cepat didapat dari optimisme pasar akan dibukanya kegiatan ekonomi beberapa negara besar pasca pandemik covid-19 serta laporan positif terhadap uji coba vaksin anti virus covid-19 yang sedang dikembangkan di Amerika Serikat.

Sentimen ini juga yang telah mengangkat minat investor memburu keuntungan pada perdagangan bursa saham sejak sesi Asia hingga masuki sesi Amerika, ditengah tekanan yang menghambat aussie selama ini. Tekanan aussie yang perlu diwaspadai kini perselisihan AS-China, retreatnya kembali harga minyak mentah dunia dan komoditas unggulan mereka seperti bijih besi dan tembaga.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here