Bursa Eropa Bergerak Lemah; Harapan Penemuan Vaksin Corona Menyusut

753

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa tergelincir pada hari Rabu (20/05) akibat goyahnya harapan penemuan vaksin virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,5% di awal perdagangan, dengan sektor perbankan merosot 2,5% untuk memimpin kerugian, sementara saham perawatan kesehatan melawan tren menurun untuk menambahkan 1,2%.

Indeks FTSE turun -0,28%. Indeks DAX melemah -0,21%. Indeks CAC jatuh -0,88%.

Pasar Eropa mengikuti perkembangan coronavirus terbaru pada hari Rabu dengan sentimen investor melemah.

Harapan untuk vaksin coronavirus yang efektif telah goyah ketika beberapa ahli vaksin mengatakan perusahaan farmasi Moderna, yang mengumumkan Senin bahwa vaksin Covid-19 yang potensial tampaknya menghasilkan respon kekebalan pada subyek percobaan manusia ternyata tidak memberikan informasi yang cukup untuk menentukan seberapa efektif vaksinnya, menurut laporan STAT News.

Di tempat lain, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Ketua Federal Reserve Jerome Powell bersaksi di depan Komite Perbankan Senat pada hari Selasa tentang upaya pemerintah Trump untuk berurusan dengan kejatuhan keuangan akibat pandemi.

Mnuchin secara khusus membahas bagaimana uang dari UU CARES $ 2 triliun didistribusikan kepada perorangan dan bisnis dan mengatakan bahwa Departemen Keuangan dan Fed “sepenuhnya siap untuk mengambil kerugian dalam skenario tertentu” pada modal yang tersisa.

Sementara itu, Presiden Trump mengatakan kepada wartawan Selasa bahwa Organisasi Kesehatan Dunia harus memperjelas tindakannya atau AS tidak akan terlibat dengan mereka lagi. Trump mengancam akan menarik dukungan dari agensi secara permanen Senin dan memulai waktu 30 hari bagi WHO untuk berkomitmen pada perubahan.

Di depan data, inflasi Indeks Harga Konsumen jatuh menjadi hanya 0,8% YoY di bulan April, turun dari 1,5% setiap tahun di bulan Maret, menurut Kantor Statistik Nasional.

Angka kepercayaan konsumen flash zona Euro untuk bulan Mei juga dicermati.

Rilis pendapatan perusahaan adalah pendorong utama aksi harga saham individu pada hari Rabu pagi.

Saham Experian naik 5,6% di perdagangan awal setelah hasil setahun penuh, yang juga mengungkapkan bahwa eksekutif puncak akan mengambil potongan gaji 25% untuk membantu menghadapi krisis coronavirus.

Saham Marks & Spencer bertambah 3,6% setelah meluncurkan rencana aksi coronavirus senilai £ 1 miliar ($ 1,22 miliar). Supermarket kelas atas Inggris ini juga mengatakan akan siap untuk membuka kembali ruang pakaian di toko begitu pemerintah Inggris memberikan lampu hijau.

Rolls-Royce Inggris tergelincir 4% lebih rendah setelah mengumumkan akan memangkas setidaknya 9.000 pekerjaan dari staf globalnya yang berjumlah 52.000 untuk beradaptasi dengan pasar penerbangan yang lebih kecil yang diharapkan setelah pandemi coronavirus. Perusahaan memasok mesin ke produsen pesawat besar seperti Boeing dan Airbus.

Di ujung lain Stoxx 600, Banco de Sabadell Spanyol melihat sahamnya turun 7% di awal sesi perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah terpicu goyahnya harapan penemuan vaksin virus corona setelah penemuan Moderna diragukan. Namun jika sentimen pembukaan kegiatan ekonomi dan data positif ekonomi datang, akan memberikan penguatan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here