Inflasi April Inggris Merosot Terendah Sejak Agustus 2016

747

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi Inggris merosot pada April ke level terendah sejak Agustus 2016 karena pandemi coronavirus menekan harga minyak global dan toko pakaian memangkas harga, memperkuat prospek stimulus Bank of England lebih banyak bulan depan.

Inflasi harga konsumen turun ke tingkat tahunan 0,8% dari 1,5% di bulan Maret, data resmi menunjukkan pada hari Rabu. Itu adalah penurunan satu bulan paling tajam dalam lebih dari satu dekade dan membawa inflasi lebih jauh di bawah target 2% BoE. Wakil Gubernur Ben Broadbent mengatakan inflasi bisa turun di bawah nol pada akhir 2020.

BoE meningkatkan program pembelian obligasi dengan rekor 200 miliar pound pada bulan Maret ketika krisis COVID-19 meningkat, dan banyak ekonom memperkirakan kenaikan lain pada 18 Juni.

Pasar melihat peluang BoE dapat memangkas suku bunga di bawah nol untuk pertama kalinya pada akhir tahun.

Penurunan harga untuk tagihan energi, transportasi – yang termasuk bensin – dan pakaian dan alas kaki, menyebabkan penurunan inflasi terbesar.

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan bahwa pengecer pakaian, yang tertekan oleh perintah tinggal di rumah dari pemerintah, menggunakan lebih banyak penjualan diskon dan harga turun paling banyak sejak 2010, turun 2,9% tahunan.

Tagihan rumah tangga turun paling banyak sejak 2009, mencerminkan batas harga yang diumumkan sebelumnya.

Tetapi ada tekanan ke atas dari harga video game dan konsol, permainan papan dan mainan anak-anak, serta sayuran segar, kata ONS.

Inflasi inti, yang tidak termasuk energi, makanan, alkohol dan tembakau, bertahan stabil pada tingkat tahunan sebesar 1,5%.

Inflasi harga eceran – ukuran lebih lama yang menurut ONS tidak akurat, tetapi banyak digunakan di pasar obligasi dan untuk kontrak komersial lainnya – turun menjadi 1,5% dari 2,6%.

Penurunan dalam CPI di bawah 1% akan membutuhkan Gubernur BoE Andrew Bailey untuk menjelaskan kepada pemerintah bagaimana bank sentral akan berusaha untuk mendorongnya kembali.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here