PDB Negara OECD Kuartal Pertama Menyusut Akibat Pandemi Coronavirus

844

(Vibiznews – Economy & Business) Produk domestik bruto (PDB) di negara-negara OECD turun -1,8% pada kuartal pertama 2020 karena pandemi Covid-19 membebani perekonomian.

Menurut perkiraan sementara, angka ini menandai penurunan PDB triwulanan terbesar OECD sejak kontraksi -2,3% pada awal 2009, yang terjadi pada puncak krisis keuangan.

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) adalah aliansi dari 37 negara.

Di antara negara-negara anggota “tujuh besar” – Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, AS dan AS – Prancis dan Italia, yang keduanya menerapkan langkah-langkah penguncian coronavirus yang ketat pada kuartal pertama, mengalami kerusakan paling signifikan terhadap PDB.

PDB Prancis turun -5,8% dalam tiga bulan hingga Maret, sementara PDB Italia turun -4,7%. Pada kuartal sebelumnya, PDB mereka turun masing-masing sebesar 0,1% dan 0,3%.

Sementara itu, PDB di Jerman dan AS turun sekitar -2%, dengan PDB untuk seluruh Uni Eropa menyusut sebesar -3,3%. Di seberang Atlantik, PDB AS turun -1,2% pada kuartal pertama, dibandingkan dengan 0,5% pada kuartal sebelumnya.

Pemerintah di seluruh dunia telah menerapkan kebijakan penguncian dalam upaya untuk mengurangi penyebaran virus corona baru, yang telah menewaskan 346.508 orang secara global hingga saat ini.

Meskipun kebijakan stimulus fiskal dan moneter belum pernah dilakukan sebelumnya diluncurkan oleh pembuat kebijakan dalam upaya untuk mengurangi dampak ekonomi dari pandemi, kebijakan penguncian dan korban krisis kesehatan diperkirakan akan terus membebani PDB global pada tahun 2020.

IMF telah memperingatkan bahwa dunia menghadapi resesi global terdalam sejak 1930-an, sementara Bank Dunia telah memperkirakan kontraksi PDB dunia sebesar -5% tahun ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here