Manufaktur Zona Eropa Bulan Mei Menyusut

630

(Vibiznews – Economy & Business) Manufaktur zona Eropa terus menyusut tajam pada Mei karena pembatasan Covid-19 menyebabkan hilangnya pekerjaan pabrik, sebuah survei menunjukkan.

Terjadi penurunan dari rekor terendah April tetapi semua bagian sektor manufaktur mencatat penurunan signifikan dalam kondisi operasi, menurut pembacaan akhir indeks manajer pembelian IHS Markit.

PMI untuk Mei adalah 39,4, naik dari 33,4 pada bulan April ketika indeks jatuh ke rekor terendah. Skor di bawah 50 menunjukkan kontraksi sementara skor lebih dari 50 menunjukkan pertumbuhan.

Semua negara mencatatkan pengurangan besar dalam pekerjaan manufaktur yang dipimpin oleh Prancis, Spanyol dan Jerman. Pemotongan memperpanjang periode kehilangan pekerjaan hingga 13 bulan berturut-turut.

Ada peningkatan umum dalam pembacaan PMI di seluruh zona mata uang tunggal meskipun semua negara mengalami penurunan. Jerman, ekonomi terbesar zona Eropa, mengalami penurunan terbesar dengan skor 36,6 sementara Italia, negara Eropa pertama yang terkena pandemi, memiliki skor terbaik 45,4.

Biaya input dan output turun ketika harga produk-produk terkait minyak turun dan produsen merespons meningkatnya persaingan untuk menjual barang. Tingkat diskon pada barang-barang tidak berubah dari April ketika tingkat mencapai rekor 10-tahun.

Ada beberapa berita harapan karena kepercayaan tentang tahun depan meningkat ke level tertinggi tiga bulan karena pembatasan kuncian terus dilonggarkan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here