Klaim Pengangguran AS Masih Tinggi

769

(Vibiznews – Economy & Business) Gelombang kedua PHK di tengah lemahnya permintaan dan rantai pasokan membuat aplikasi AS baru untuk tunjangan pengangguran meningkat.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara berjumlah 1,508 juta yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 13 Juni, turun dari 1,566 juta pada minggu sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Kamis. Penurunan mingguan ke-11 berturut-turut mendorong klaim lebih jauh dari rekor 6,867 juta pada akhir Maret.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 1,3 juta klaim dalam minggu terakhir.

Klaim pengangguran mingguan, data yang paling tepat waktu tentang kesehatan ekonomi, tetap sangat tinggi meskipun pengusaha mempekerjakan rekor 2,5 juta pekerja pada Mei karena bisnis dibuka kembali setelah ditutup pada pertengahan Maret untuk memperlambat penyebaran COVID-19.

Dari manufaktur, ritel, teknologi informasi dan produksi minyak dan gas, perusahaan telah mengumumkan PHK. Pemerintah negara bagian dan lokal, yang anggarannya telah terpakai akibat COVID-19, juga memotong pekerjaan.

Selain pengajuan standar ada 760.526 klaim yang diajukan di bawah Program Bantuan Pengangguran Pandemi, peningkatan lebih dari 65.000, menurut angka yang tidak disesuaikan.

Total mereka yang menerima manfaat hingga 29,1 juta pada 30 Mei, yang merupakan minggu terakhir dimana data tersedia. Itu penurunan 375.522 dari minggu sebelumnya.

Angka yang tidak disesuaikan untuk musim menunjukkan 1,43 juta klaim, penurunan 128,240, atau 8,2%.

Florida (-25.863) dan Oklahoma (-20.788) keduanya menunjukkan penurunan yang cukup besar dari minggu sebelumnya, menurut angka yang tidak disesuaikan. Texas menunjukkan kenaikan terbesar, dengan 4.219.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here