Bursa Eropa Menguat Seiring Harapan Pemulihan Ekonomi

1269

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada Jumat terdorong harapan pemulihan ekonomi, sementara investor terus memantau kenaikan kasus coronavirus di berbagai negara.

Indeks Stoxx 600 bergerak naik 1%, dengan saham minyak dan gas utilitas naik 1,1% untuk memimpin kenaikan di awal perdagangan, sementara saham bahan kimia turun 0,4%.

Indeks FTSE melonjak 1,40%. Indeks DAX meningkat 1%. Indeks CAC menguat 1,38%.

Investor masih mencermati kenaikan kasus virus corona di beberapa bagian dunia, dengan empat negara bagian AS melaporkan lonjakan kasus baru dan rawat inap di tengah upaya untuk membuka kembali ekonomi mereka.

Wirecard Jerman melihat sahamnya jatuh 43% lagi di awal perdagangan pada hari Jumat. Saham perusahaan pembayaran anjlok 60% pada hari Kamis setelah auditor EY menolak untuk menandatangani akun 2019 setahun penuh karena kehilangan $ 2,1 miliar, dan Wirecard mengatakan mungkin telah menjadi korban penipuan dalam proporsi signifikan.

Harapan pemulihan ekonomi datang dengan Bank of England pada hari Kamis menambahkan £ 100 miliar untuk program pelonggaran kuantitatif dalam upaya untuk menopang perekonomian Inggris di tengah dampak dari krisis coronavirus, menjadikan nilai total Fasilitas Pembelian Aset (APF) menjadi £ 745 miliar.

Di depan data, kantor statistik Jerman pada hari Jumat melaporkan penurunan inflasi tahunan sebesar 2,2% untuk bulan Mei dan penurunan 0,4% dari bulan sebelumnya, sedikit di bawah ekspektasi.

Penjualan ritel Inggris untuk Mei turun 13,1% YoY, melampaui ekspektasi 17,1% dalam jajak pendapat Reuters para analis. Namun secara bulanan, penjualan ritel naik 12% karena tindakan penguncian sedikit berkurang, menurut Kantor Statistik Nasional.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring harapan pemulihan ekonomi dengan dilakukannya pembukaan kegiatan ekonomi dan stimulus dari bank sentral.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here