Mata Uang Safe Haven Bergerak Mundur

685

(Vibiznews – Forex) Mata uang safe-haven bergerak mundur pada hari Selasa (30/06) dengan harapan pemulihan ekonomi, meskipun kekhawatiran tentang lonjakan pengeluaran publik Inggris membuat poundsterling berada  di bawah tekanan.

Mendorong optimisme baru pada ekonomi AS sedang menunggu data penjualan rumah, yang menunjukkan bahwa aktivitas pasar perumahan dengan cepat pulih pada Mei dari kejatuhan yang dipicu oleh pandemi.

Penjualan rumah yang tertunda, berdasarkan kontrak yang ditandatangani bulan lalu, melonjak 44,3%, dibandingkan dengan perkiraan ekonom untuk kenaikan 18,9%.

Bursa Saham Wall Street juga didukung oleh lonjakan 14% di saham Boeing ketika pembuat pesawat tersebut memulai serangkaian uji penerbangan yang lama tertunda dari 737 MAX yang didesain ulang.

Dolar telah naik 0,1% menjadi 107,70 terhadap yen, setelah menyentuh tertinggi tiga minggu di 107,885 pada sesi sebelumnya.

Mata uang safe-haven Franc Swiss menurun ke 0,9508 per dolardan 1,0697 per euro.

Euro berdiri di $ 1,1244, setelah naik sedikit terhadap mata uang AS pada hari Senin.

Poundsterling diperdagangkan pada $ 1,2297, setelah meluncur ke level terendah satu bulan dari $ 1,2252 pada hari Senin di tengah kekhawatiran tentang bagaimana pemerintah Inggris akan membayar untuk program infrastruktur yang direncanakan mengikuti janji Perdana Menteri Boris Johnson untuk meningkatkan pengeluaran.

Ada juga keraguan tentang apakah Inggris akan menyegel pakta perdagangan dengan Uni Eropa karena sedikit kemajuan telah dibuat dalam menyetujui hubungan masa depan Inggris dengan blok tersebut.

Mata uang Inggris mencapai level terendah tiga bulan terhadap euro, yang naik ke level 0,9175 pound pada hari Senin. Mata uang ini terakhir berdiri di 0,9138 pound.

Secara keseluruhan, indeks dolar sedikit berubah pada 97,444. Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengatakan Senin malam bahwa prospek ekonomi terbesar dunia adalah sangat tidak pasti dan akan bergantung pada penanggulangan virus corona dan pada upaya pemerintah untuk mendukung pemulihan.

Pandemi menunjukkan beberapa tanda mereda ketika Arizona memerintahkan penutupan bar dan gym, bergabung dengan negara-negara bagian lainnya seperti Florida dan Texas dalam membalikkan pembukaan kembali.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang safe haven dapat bergerak lemah jika harapan pemulihan ekonomi terus menguat pada hari ini. Namun akan dilihat kondisi perkembangan kasus coronavirus hari ini yang jika kembali meningkat akan menekan pasar global dan menguatkan kembali mata uang safe haven.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here