Bursa Eropa Bergerak Lemah Seiring Peningkatan Kasus Coronavirus

596

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih rendah pada hari Rabu (08/07) seiring melonjaknya kasus coronavirus di beberapa bagian dunia yang menimbulkan keraguan atas prospek pemulihan ekonomi global.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,5% pada pertengahan sore, dengan bank-bank merosot 1,9% untuk memimpin kerugian karena hampir semua sektor dan bursa utama meluncur ke wilayah negatif. Sektor utilitas melawan tren untuk menambah 0,5%.

Indeks FTSE turun 0,40%. Indeks DAX melemah 0,54%. Indeks CAC merosot 1,05%.

Kasus coronavirus di AS mendekati 3 juta dan Florida menghadapi kekurangan tempat tidur unit perawatan intensif yang akan datang, karena sebagian besar negara bagian terus melihat lonjakan pada infeksi Covid-19 yang baru.

Kepala Ekonom Dana Moneter Internasional (IMF), Gita Gopinath, pada Selasa memperingatkan bahwa banyak negara mungkin perlu merestrukturisasi utang mereka setelah pandemi karena lonjakan pinjaman.

Sementara itu Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak pada hari Rabu mengumumkan skema bonus back-to-work untuk bisnis yang membawa karyawan cuti kembali bekerja, dan diskon restoran 50% untuk semua warga negara hingga bulan Agustus.

Grup logistik Jerman Deutsche Post pada hari Selasa melaporkan kenaikan 16% dalam laba operasi kuartal kedua, melebihi ekspektasi analis, dan berjanji untuk memberikan bonus kepada 500.000 pekerja untuk upaya mereka selama krisis.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, raksasa telekomunikasi Finlandia Nokia turun 7,6% di tengah kekhawatiran bahwa itu bisa kehilangan bisnis klien kunci Verizon ke Samsung.

Perusahaan minyak dan gas Inggris TechnipFMC naik 6,7% untuk memimpin Stoxx 600 setelah menandatangani kesepakatan $ 1 miliar dengan ANOPC Mesir.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah seiring peningkatan kasus coronavirus baik di AS maupun negara-negara lainnya. Peningkatan kasus coronavirus dikhawatirkan menekan ekonomi banyak negara dan berpengaruh secara global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here