Bursa Eropa Dominan Turun Merespon Laporan Pendapatan Perusahaan Lemah

796

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa sebagian besar lemah pada Selasa (04/08) merespon banyaknya laporan pendapatan perusahaan yang lemah.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,4% pada sore hari, dengan saham bahan kimia turun 1,2% untuk memimpin kerugian sementara saham mobil dan minyak dan gas naik 1,6%.

Indeks FTSE naik 0,13%. Indeks DAX merosot -0,52%. Indeks CAC menurun -0,10%.

Saham bergerak lebih tinggi di awal minggu setelah pembacaan PMI manufaktur IHS Markit akhir Juli lalu (indeks pembelian manajer) menunjukkan aktivitas manufaktur di seluruh zona euro diperluas untuk pertama kalinya sejak April 2019.

Data manufaktur yang kuat dari AS juga membantu meningkatkan sentimen, dan saham-saham di Asia Pasifik menguat semalam setelah Reserve Bank of Australia memilih untuk membiarkan sikap kebijakan moneternya tidak berubah.

Pasar memulai sesi hari Selasa naik, tetapi kesibukan laporan pendapatan yang lemah dari perusahaan besar Eropa membalikkan momentum dalam kesepakatan awal.

Di Eropa, Commerzbank telah memilih Hans-Joerg Vetter, mantan kepala Landesbank Baden-Wuerttemberg (LBBW), sebagai ketua baru dewan pengawasnya yang bertentangan dengan keinginan pemegang saham utama Cerberus Capital Management.

Harga produsen zona euro naik lebih dari yang diperkirakan pada Juni, data mengungkapkan Selasa, mengakhiri penurunan bulanan berturut-turut yang terlihat sejak Februari ketika pandemi coronavirus mulai menyebar di benua itu.

BP melaporkan kerugian kuartal kedua senilai $ 6,7 miliar sebelum bel pada hari Senin dan memotong dividen setelah menurunkan nilai beberapa asetnya dengan harapan harga komoditas yang lebih rendah. Raksasa minyak dan gas Inggris ini melihat sahamnya naik 6,7% pada sore hari.

Diageo melaporkan penurunan penjualan organik sebesar 8,4% lebih besar dari perkiraan untuk tahun ini hingga 30 Juni, mengirimkan saham jatuh 5,6% ke urutan ketiga Stoxx 600. Perusahaan terapi radiasi Swedia Elekta turun 6%.

Saham Bayer turun 2,1% setelah perusahaan obat dan pestisida Jerman membukukan kerugian 9,5 miliar euro ($ 11,2 miliar) untuk kuartal kedua, terpukul oleh penyelesaian $ 10,9 miliar untuk gugatan hukum A.S. yang menuduh bahwa Roundup gulma yang menyebabkan kanker.

Easyjet naik 9,3% setelah pembaruan perdagangan kuartal ketiga, sementara Merlin Properties adalah pemain top dalam indeks blue-chip Eropa, memantul lebih dari 11% pada laporan media tentang kemungkinan tawaran pengambilalihan dari Brookfield, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah jika laporan pendapatan perusahaan memperlihatkan hasil yang turun. Bursa juga akan mencermati perkembangan kasus coronavirus dan perkembangan stimulus AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here