Bursa Eropa Melonjak Mengabaikan Ketegangan AS-China

681

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (11/08), mengikuti kenaikan di bursa Asia dan bursa AS mengabaikan ketegangan antara AS dan China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,9% pada sore hari, dengan sektor otomotif melonjak 4% memimpin kenaikan setelah China melaporkan lonjakan penjualan mobil pada Juli, karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif. Saham minyak dan gas juga melonjak 4%.

Indeks FTSE naik 1,7%. Indeks DAX melonjak 2,3%. Indeks CAC melompat 2,7%.

Keuntungan di pasar Eropa mengikuti bursa Asia Pasifik Selasa dan bursa Wall Street Senin karena investor tampak tidak terpengaruh setelah laporan mengatakan China telah memberlakukan sanksi terhadap 11 warga AS termasuk Senator Ted Cruz, Marco Rubio, Tom Cotton, Josh Hawley dan Pat Toomey.

Langkah pembalasan dari Beijing menyusul setelah Washington pekan lalu mengatakan akan menjatuhkan sanksi pada 11 orang termasuk pemimpin Hong Kong Carrie Lam atas perannya dalam mengawasi dan menerapkan kebijakan penindasan kebebasan dan proses demokrasi Beijing.

Anggota parlemen AS yang diberi sanksi oleh Beijing telah menjadi kritikus vokal terhadap undang-undang keamanan baru yang diberlakukan China di Hong Kong, memperkuat cengkeramannya atas kota itu.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi telah mengisyaratkan kesediaan untuk kembali ke meja perundingan dengan harapan menyetujui paket bantuan federal yang baru, dengan Mnuchin menyarankan kesepakatan bisa dibuat pada akhir minggu.

Inggris pada hari Selasa melaporkan penurunan kuartalan terbesar dalam pekerjaan selama lebih dari satu dekade, dengan 220.000 lebih sedikit orang yang bekerja antara April dan Juni dibandingkan pada kuartal pertama.

Dalam hal aksi harga saham individu, saham GVC Holdings melonjak lebih dari 9% untuk memimpin Stoxx 600, sementara saham Vestas Wind Systems naik lebih dari 7% setelah perusahaan melewatkan perkiraan laba tetapi memulihkan panduan setahun penuhnya. Operator kapal pesiar Carnival melonjak lebih dari 8% menyusul berita bahwa Costa Cruises akan memulai kembali liburan mulai 6 September.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, penambang emas Centamin turun 5% setelah penurunan harga emas spot.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik mengikuti kenaikan bursa Asia dan bursa AS, juga harapan stimulus dana bantuan pemerintah AS yang diharapkan dapat memulihkan ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here