Bursa Eropa Menguat Mengikuti Kenaikan Tinggi Bursa Wall Street

602

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada hari Rabu (02/09) mengikuti kenaikan di bursa Wall Street, mengabaikan pelemahan ekonomi di zona Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 1,2% dalam transaksi pagi, dengan semua sektor dan bursa utama menguat di wilayah positif. Saham Inggris menguat, dengan indeks FTSE 100 naik 1,65%. Demikian juga indeks DAX dan CAC, masing-masing melonjak lebih dari 2,00%.

Hasil ini terjadi setelah bursa Wall Street memulai bulan dalam kenaikan tinggi, dengan indeks S&P 500 dan indeks Nasdaq yang padat teknologi ditutup pada rekor tertinggi, membangun kinerja Agustus terbaik untuk saham AS sejak 1980-an.

Pelaku pasar di Eropa terus mencerna data ekonomi di kawasan itu. Pada hari Selasa, pembacaan singkat menunjukkan bahwa inflasi utama tahunan di zona euro diperkirakan berada di -0,2% pada bulan Agustus, turun dari 0,4% pada bulan Juli.

Inflasi inti – yang menghapus item volatil seperti harga energi – turun menjadi 0,4% tahun ke tahun di bulan Agustus dari 1,2% di bulan Juli, pembacaan terendah sejak pencatatan dimulai pada tahun 2001.

Angka-angka tersebut menambah tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk mengambil tindakan lebih lanjut guna menahan dampak pandemi virus corona, menurut analis. Bank sentral zona euro akan memperbarui perkiraan inflasi pada bulan September.

Sementara itu, angka penjualan ritel Jerman turun secara tak terduga di bulan Juli, sebesar 0,9%, menurut data yang disesuaikan dengan kalender dari Kantor Statistik Federal. Itu meleset dari ekspektasi untuk kenaikan 0,5%.

Dalam berita perusahaan, Unilever mengatakan pada hari Rabu akan menghabiskan 1 miliar euro ($ 1,2 miliar) untuk menghilangkan bahan bakar fosil dari produk pembersihnya pada tahun 2030. Saham raksasa barang konsumen Inggris-Belanda itu naik lebih dari 1% dalam perdagangan pagi.

Di sisi pendapatan, pembuat minuman beralkohol Prancis Pernod Ricard mengatakan akan mengambil biaya penurunan sebesar 1 miliar euro untuk tahun finansial penuh karena penutupan bar dan restoran oleh pandemi virus corona. Perusahaan melaporkan penurunan laba 13,7% menjadi 2,26 miliar euro pada tahun yang berakhir 30 Juni. Namun, saham Pernod Ricard naik hampir 2% karena penurunan laba tidak lebih buruk dari yang dikhawatirkan perusahaan.

Sementara itu, Credit Suisse telah memancing kemarahan pengawas keuangan Swiss FINMA atas skandal mata-mata yang meletus tahun lalu. Regulator mengatakan telah membuka proses penegakan hukum terhadap bank tersebut dan bahwa kasus tersebut bisa berlangsung “beberapa bulan.” Meski demikian, saham Credit Suisse naik sekitar 1%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik mengikuti kenaikan tinggi di bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here