Prospek Bullish Saham Samsung setelah Peluncuran Ponsel Lipat dan Kerjasama dengan Nvidia

653

(Vibiznews – Index) Harapan bullish pasar pada Samsung terjadi setelah perusahaan meluncurkan ponsel yang dapat dilipat pada hari Selasa dan perusahaan semikonduktor AS Nvidia mengatakan chip gaming generasi berikutnya akan diproduksi oleh raksasa elektronik Korea Selatan ini.

Analis melihat saham Samsung diperdagangkan pada 70.376,32 won Korea ($ 59,35) dalam 12 bulan ke depan. Itu mewakili kenaikan 29% dari harga perdagangan hari Rabu, menurut harga target rata-rata yang dikumpulkan oleh Refinitiv.

Beberapa analis bahkan lebih bullish pada Samsung. SK Kim Daiwa Capital Markets memiliki target harga 12 bulan sebesar 82.000 won Korea, naik lebih dari 50% dari harga perdagangan hari Rabu.

Pesanan baru untuk operasi manufaktur atau penanaman chip Samsung, peluncuran smartphone generasi mendatang, dan pemulihan harga memori tahun depan adalah faktor di balik optimisme analis.

Pada hari Selasa, Nvidia meluncurkan unit pemrosesan grafis (GPU) GeForce RTX 30 Series. Chip tersebut dirancang untuk game PC dan berjanji untuk menawarkan gambar yang lebih realistis di layar, berkat apa yang disebut “pelacakan sinar”. Teknologi ini mensimulasikan bagaimana cahaya bereaksi dengan benda-benda di sekitarnya.

Nvidia memilih Samsung untuk memproduksi chip menggunakan apa yang disebut proses 8 nanometer yang disesuaikan untuk semikonduktor ini.

Langkah itu dipandang positif bagi Samsung. Daiwa’s Kim mengatakan kepada CNBC bahwa memperkirakan kesepakatan Nvidia bernilai $ 1 miliar dalam pendapatan Samsung.

Bisnis semikonduktor Samsung sangat penting bagi perusahaan. Ini mencakup bisnis pengecoran serta penjualan apa yang disebut chip NAND dan DRAM yang diproduksi Samsung, yang digunakan di perangkat seperti laptop dan smartphone, hingga ke pusat data. Semikonduktor menyumbang dua pertiga dari laba operasi Samsung pada kuartal kedua tahun ini.

Penetapan harga DRAM, yang telah berada di bawah tekanan pada kuartal kedua, diperkirakan akan menghadapi pelemahan lebih lanjut selama sisa tahun ini, menurut catatan yang dirilis oleh UBS minggu lalu. Bank investasi melihat harga DRAM turun 8% kuartal ke kuartal di kuartal ketiga tahun ini.

Tetapi awal 2021 bisa membawa pemulihan.

Pada hari Selasa, Samsung mengumumkan Galaxy Z Fold 2 – ponsel lipat ketiga perusahaan. Perangkat ini diluncurkan pada 18 September seharga $ 1.999.

Sementara itu, Huawei, salah satu pesaing terkuat Samsung, menghadapi masalahnya sendiri. Tahun lalu, itu dimasukkan dalam daftar hitam AS yang memotong akses raksasa telepon Cina itu ke sistem operasi seluler Android Google. Itu bukan masalah besar di China di mana layanan Google diblokir.

Namun, pada bulan Mei, Washington mengubah aturan produk langsung (FDPR) yang diproduksi di luar negeri yang mewajibkan produsen asing yang menggunakan peralatan pembuat chip Amerika untuk mendapatkan lisensi sebelum mereka dapat menjual semikonduktor ke Huawei. Langkah tersebut mengancam untuk memutuskan Huawei dari chip utama yang dibutuhkan untuk produknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here