Kospi Awal Pekan Rebound oleh Lonjakan Saham Samsung

412

(Vibiznews – Indeks) – Awali perdagangan pekan ini, bursa saham  Korea Selatan cetak untung dengan kenaikan indeksnya setelah perdagangan akhir pekan lalu anjlok lebih dari 1 persen.  Indeks Kospi rebound yang bergerak positif sejak awal sesi yang menghiraukan sentimen negatif pada bursa saham Asia lainnya.  

Kekuatan saham diperoleh setelah pemerintah, partai yang berkuasa dan kantor kepresidenan berjanji pada hari Minggu untuk menyusun anggaran tambahan senilai lebih dari 7 triliun won (US$ 5,88 miliar) demi mendanai serangkaian subsidi bantuan bencana lainnya.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup menguat  15 poin atau 0,63%  lebih tinggi ke posisi 2.383,25.  Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 1,64 poin atau 0,53% ke posisi 313.67,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 310.93  dan naik ke posisi tertinggi  314.44.

Rebound indeks Nikkei paling banyak disupport oleh lonjakan saham kapital terbesar yaitu saham Samsung Electronics yang melonjak 1,98% setelah  raksasa teknologi itu akan memasok peralatan jaringan ke raksasa telekomunikasi AS Verizon dengan harga 7,89 triliun won (US$ 6,6 miliar).

Namun beberapa saham unggulan lainnya alami pelemahan seperti saham pembuat chip No. 2 SK hynix merosot 0,38 persen, saham raksasa portal internet Naver tenggelam 4,26 persen, saham LG Chem turun 3,1 persen dan saham Hyundai  turun 1,45 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here