Bursa Eropa Merosot Setelah PDB Kuartal Kedua Zona Eropa Negatif

607

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa mundur pada Selasa (08/09) tertekan pelemahan PDB kuartal kedua zona Eropa, juga akibat penurunan tajam di sektor teknologi AS yang terus membebani sentimen investor.

Indeks Stoxx 600 Eropa merosot lebih 1%, dengan sektor teknologi turun 2% lagi karena semua sektor dan bursa utama jatuh ke wilayah negatif.

Indeks FTSE turun -0,36%. Indeks DAX melemah lebih -1%. Indeks CAC merosot -1,5%.

Data yang direvisi yang diterbitkan Selasa menunjukkan bahwa PDB zona euro kuartal kedua (produk domestik bruto) berkontraksi sebesar -14,7% tahun-ke-tahun dan -11% dari kuartal sebelumnya, kurang dari perkiraan awal tetapi masih penurunan tertajam dalam catatan.

Ketegangan antara Washington dan Beijing tetap menjadi perhatian setelah Presiden AS Donald Trump pada hari Senin kembali mengangkat gagasan “pemisahan” ekonomi dari China.

Kembali ke Eropa, Inggris berencana untuk meningkatkan persiapannya untuk meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan jika tidak ada kesepakatan perdagangan bebas yang dapat dicapai minggu ini.

Kekhawatiran virus Corona juga kembali menjadi agenda setelah Inggris melaporkan hampir 3.000 kasus harian baru pada Minggu dan Senin, dengan wakil kepala medis Inggris mengatakan situasinya sekarang menjadi perhatian serius.

Dalam berita perusahaan, Reuters melaporkan mengutip sumber bahwa pemberi pinjaman Spanyol Caixabank dan Bankia milik negara mendekati kesepakatan untuk mendirikan Valencia sebagai markas bersama baru mereka, dengan komponen lain dari kemungkinan pengambilalihan masih dalam pertimbangan.

Induk British Airways, IAG, akan mengadakan pertemuan pemegang saham tahunan pada Selasa, dengan CEO Willie Walsh akan menyerahkan kendali kepada CEO Iberia Luis Gallego ketika grup maskapai yang bermasalah itu mencari miliaran euro dari pemegang saham untuk mengatasi badai virus corona.

Dalam hal aksi harga saham individu, Royal Mail melonjak 15% untuk memimpin Stoxx 600 pada awal perdagangan setelah perusahaan pos Inggris menaikkan target pendapatannya. Di ujung lain dari indeks blue-chip Eropa, pedagang pembangun Travis Perkins turun 7,4% setelah melaporkan penurunan tajam laba pada kuartal kedua, sementara utilitas Prancis EDF turun 6,5% setelah melaporkan penurunan 17,6% pada produksi pada Agustus.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah setelah PDB kuartal kedua zona Eropa mencatatkan hasil negatif, juga terpengaruh kemerosotan sektor teknologi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here