Penjualan Ritel Agustus Inggris Naik Melebihi Perkiraan

860

(Vibiznews – Economy & Business) Volume penjualan ritel Inggris naik 0,8% pada Agustus, demikian rilis Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris pada hari Jumat (18/09). Hasil ini sedikit di atas perkiraan rata-rata 0,7% dalam jajak pendapat Reuters. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penjualan retail naik 2,8%, tepat di bawah perkiraan pertumbuhan tahunan 3,0%.

Penjualan retail telah mengambil alih level sebelum COVID pada bulan Juli dan sekarang berdiri 4,0% lebih tinggi dari sebelum krisis, meskipun para ekonom berhati-hati tentang apa yang akan terjadi akhir tahun ini jika pengangguran meningkat tajam seperti yang diperkirakan.

Pengecer mendapatkan keuntungan dari lebih sedikit orang Inggris yang berlibur ke luar negeri musim panas ini, dan pergeseran ke pengeluaran untuk barang-barang rumah tangga daripada aktivitas di luar rumah.

Namun, rebound menutupi perbedaan tajam antara pengecer online dan pengecer jalanan. Penjualan online dan katalog naik 34,4% pada tahun ini di bulan Agustus, sementara penjualan pakaian dalam toko terutama turun 15,5%, meskipun naik 13,5% dari bulan Juli.

Krisis dalam ritel tradisional berdampak langsung pada penyewaan komersial, dengan penutupan toko dan penyewa seperti rantai pakaian New Look berusaha untuk menegosiasikan kembali harga sewa untuk menghubungkan mereka dengan omset.

Jaringan department store kelas atas John Lewis menghapus 470 juta pound nilai tokonya dalam hasil yang diterbitkan pada hari Kamis, dan membatalkan bonus staf tahunannya untuk pertama kalinya sejak 1953.

Penjualan bahan makanan naik hanya 0,4% pada Agustus, setelah pertumbuhan yang kuat di bulan-bulan sebelumnya ketika orang Inggris lebih banyak makan di rumah.

Angka ONS terpisah pada hari Jumat menunjukkan jumlah orang dewasa Inggris yang mengunjungi restoran, pub dan kafe turun untuk pertama kalinya sejak Juli setelah program berakhir, turun menjadi 30% dalam seminggu hingga September.

Bank of England mengatakan pada hari Kamis bahwa ekonomi Inggris berada di jalur untuk pulih lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan Agustus, tetapi produksi pada periode Juli-September diperkirakan masih 7% lebih rendah daripada kuartal terakhir tahun 2019.

Inggris mengalami pukulan ekonomi terbesar dari antara negara ekonomi G7 antara April dan Juni, ketika output turun lebih dari 20%.

BoE mengidentifikasi permintaan konsumen sebagai salah satu titik cerah, tetapi mengatakan rentan terhadap peningkatan kasus COVID-19 serta peningkatan pengangguran.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here