Trump Setujui Tiktok AS Bermitra dengan Oracle dan Walmart

640

(Vibiznews – Technology) Presiden AS Donald Trump pada hari Sabtu menyetujui kesepakatan prinsip di mana Oracle dan Walmart akan bermitra dengan aplikasi berbagi video viral TikTok di AS, yang memungkinkan aplikasi populer tersebut menghindari penutupan.

Departemen Perdagangan AS mengumumkan akan menunda larangan transaksi AS dengan TikTok hingga Minggu depan.

Tak lama setelah komentar Trump, Oracle mengumumkan terpilih sebagai penyedia cloud TikTok yang aman dan akan menjadi investor minoritas dengan 12,5% saham. TikTok mengonfirmasi peran Oracle dan mengatakan sedang bekerja dengan Walmart dalam kemitraan komersial.

Walmart mengatakan secara tentatif telah menyetujui pembelian 7,5% saham, dan CEO Doug McMillon akan bertindak sebagai salah satu dari lima anggota dewan perusahaan yang baru dibuat.

Perusahaan induk TikTok di Cina, ByteDance, akan memiliki 80% sisa TikTok, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Namun, karena 40% dari ByteDance dimiliki oleh perusahaan modal ventura A.S., pemerintah Trump secara teknis dapat mengklaim TikTok Global sekarang mayoritas dimiliki oleh uang A.S.

TikTok mengatakan akan mempertahankan dan memperluas kantor pusatnya di AS, sambil menghadirkan 25.000 pekerjaan di seluruh negeri. Trump mengatakan perusahaan baru kemungkinan akan didirikan di Texas.

Trump mengatakan perusahaan juga akan memberikan kontribusi $ 5 miliar untuk dana pendidikan. Oracle dan Walmart mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa bisnis TikTok global akan membayar lebih dari $ 5 miliar pajak baru kepada Departemen Keuangan AS, dan bahwa perusahaan serta investor TikTok akan membuat dan menyediakan video online untuk mengajar anak-anak tentang sejarah, sains, dan mata pelajaran lainnya.

Hasilnya dapat meningkatkan posisi Oracle sebagai perusahaan yang dapat menangani beban kerja komputasi yang menantang dan membantu menyelesaikan sengketa geopolitik antara AS dan China.

TikTok dan Oracle keduanya mengatakan pada hari Senin bahwa ByteDance, pemilik TikTok China, telah mengirim proposal ke Departemen Keuangan AS selama akhir pekan sebelumnya. Laporan sepanjang minggu mengatakan bahwa negosiasi macet pada detail kesepakatan yang tepat, termasuk kepemilikan saham Oracle dan ByteDance, dan kontrol algoritma rekomendasi yang digunakan TikTok untuk mempromosikan materi tertentu.

CEO Oracle Safra Catz adalah anggota tim transisi Presiden Trump, dan Ketua Oracle Larry Ellison mengadakan acara penggalangan dana untuk Trump awal tahun ini.

Oracle sudah menyediakan infrastruktur cloud untuk layanan video online 8×8 dan Zoom, di antara klien lainnya, meskipun Amazon, Microsoft, dan perusahaan lain memperoleh lebih banyak pendapatan cloud daripada Oracle pada 2019, menurut perkiraan dari perusahaan riset industri Gartner.

Microsoft telah berusaha untuk memperoleh operasi TikTok di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru, dengan Walmart sebagai mitranya, tetapi mengatakan ByteDance telah memutuskan untuk tidak melakukan kesepakatan itu.

Oracle dan Walmart mengatakan data pengguna TikTok AS akan dipindahkan ke infrastruktur cloud Oracle. Perusahaan tidak memberikan garis waktu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here