Optimisme Konsumen September AS Meningkat Melebihi Perkiraan

699
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Data revisi yang dirilis oleh University of Michigan pada hari Jumat (02/10) menunjukkan sentimen konsumen di AS meningkat lebih dari perkiraan sebelumnya pada bulan September.

Laporan tersebut menyatakan indeks sentimen konsumen untuk September direvisi naik menjadi 80,4 dari pembacaan awal 78,9. Ekonom telah memperkirakan indeks akan direvisi naik menjadi 79,0.

Dengan revisi naik yang lebih besar dari yang diperkirakan, indeks sentimen konsumen jauh di atas pembacaan akhir Agustus di 74,1.

Sentimen konsumen terus membaik pada akhir September, dengan Indeks Sentimen mencapai level tertinggi dalam enam bulan. Peningkatan tersebut terutama disebabkan oleh prospek ekonomi nasional yang lebih optimis.

Di sisi inflasi, laporan itu mengatakan ekspektasi inflasi satu tahun jatuh menjadi 2,6 persen pada September dari 3,1 persen pada Agustus, sementara ekspektasi inflasi lima tahun tidak berubah pada 2,7 persen.

The Conference Board merilis laporan terpisah pada hari Selasa menunjukkan peningkatan yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan pada pembacaan kepercayaan konsumen di bulan September.

Laporan itu mengatakan indeks kepercayaan konsumen melonjak menjadi 101,8 pada September dari 86,3 pada Agustus, sementara para ekonom memperkirakan indeks akan naik menjadi 88,8.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here