Bursa Eropa Dibuka Naik Merespon Hasil Positif Kesehatan Presiden Trump

967
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Senin (05/10) setelah laporan kesehatan Presiden Trump yang membaik saat ia dirawat akibat Covid-19.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1% pada awal perdagangan, saham minyak dan gas naik 1,4% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif. Indeks FTSE naik 0,39%.

Pasar Eropa diperkirakan akan mengikuti bursa di AS dan Asia-Pasifik lebih tinggi pada Senin karena hasil kesehatan Trump yang positif.

Dalam perdagangan saham berjangka AS di Dow Jones Industrial Average naik sekitar 200 poin, sedangkan S&P 500 berjangka dan Nasdaq 100 berjangka keduanya naik sekitar 0,7%.

Trump mengatakan dalam video berdurasi satu menit yang diposting di Twitter pada Minggu malam bahwa “kami mendapatkan laporan yang bagus dari para dokter.” Presiden juga melambai dalam iring-iringan mobil kepada para pendukungnya yang berdiri di luar rumah sakit.

Harga minyak juga mengalami rebound yang kuat selama perdagangan Senin, naik sekitar 2%, menyusul penurunan pada hari Jumat.

Tidak ada pendapatan besar di Eropa pada hari Senin, angka penjualan ritel zona euro terbaru akan dirilis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik pasca laporan positif kesehatan Presiden AS Donald Trump, mengikuti juga kenaikan dalam bursa AS dan Asia Pasifik.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here