Bursa Eropa Naik Merespon Sinyal Positif Pembahasan Stimulus AS

777
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa naik pada hari Jumat (09/10) mengharapkan terwujudnya paket bantuan virus corona di Amerika Serikat.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6%, dengan sumber daya dasar menambahkan 2% untuk memimpin kenaikan sementara otomotif dan utilitas turun 0,5%.

Indeks FTSE meningkat 0,85%. Indeks DAX naik 0,1%. Indeks CAC menguat 0,63%.

Presiden AS Donald Trump menghidupkan kembali harapan kesepakatan stimulus pada hari Kamis, mengatakan kepada Fox News bahwa pembicaraan antara Gedung Putih dan Kongres kembali berlangsung dan bahwa ada peluang bagus untuk mencapai kesepakatan.

Ini terjadi hanya beberapa hari setelah presiden mengumumkan melalui Twitter bahwa negosiasi dibatalkan sampai setelah pemilihan 3 November.

Kembali ke Eropa, ekonomi Inggris tumbuh 2,1% secara bulanan pada Agustus, menurut angka yang diterbitkan Jumat oleh Kantor Statistik Nasional, jauh di bawah ekspektasi analis dari ekspansi 4,6% karena pemulihan negara dari meredanya pandemi virus corona.

Bursa Efek London pada hari Jumat setuju untuk menjual bursa saham Borsa Italiana Milan ke Euronext seharga 4,3 miliar euro ($ 5 miliar). Saham Euronext turun 5,2%. Di bagian bawah Stoxx 600, Swedish Orphan Biovitrium jatuh 16,5% setelah pengumuman pengujian fase tiga topline.

Di puncak indeks blue chip Eropa, Rolls-Royce melonjak 16% karena investor tetap percaya pada rights issue produsen mesin pesawat Inggris yang diumumkan minggu lalu, sementara saham Pandora naik lebih dari 15% setelah toko perhiasan Denmark itu menaikkan panduan laba.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik terdukung peluang baik terwujudnya stimulus AS setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa pembicaraan antara Gedung Putih dan Kongres kembali berlangsung dan bahwa ada peluang bagus untuk mencapai kesepakatan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here