Keuntungan Harian Bursa Amerika Tertinggi Sebulan, Saham IBM dan Exxon Mobil Melonjak 5% Lebih

535
wall street
Vibizmedia Photo

(Vibiznews-Index) – Perdagangan saham di bursa Amerika Serikat kembali memberikan keuntungan bagi ketiga indeks utamanya, yang melanjutkan rally sesi sebelumnya. Indeks utama Wall Street tersebut cetak penutupan harian tertinggi lebih dari sebulan, dengan Dow Jones paling banyak kenaikan hingga 100 poin lebih.

Penutupan sesi yang berakhir Jumat dinihari WIB (9/10/2020), indeks  Dow Jones naik 122,05 poin atau 0,4 persen menjadi 28.425,51, indeks Nasdaq naik 56,38 poin atau 0,5 persen menjadi 11.420,98 dan indeks S&P 500 menguat 27,38 poin atau 0,8 persen menjadi 3.446,83.

Kekuatan saham di Wall Street mencerminkan optimisme yang berkelanjutan tentang RUU stimulus virus corona menyusul komentar terbaru dari Presiden Donald Trump. Dalam wawancara dengan suatu media, Trump mengatakan pejabat pemerintah dan Demokrat mulai melakukan pembicaraan yang sangat produktif.

Trump sampaikan mereka sedang membicarakan tentang stimulus untuk tenaga kerja maskapai penerbangan dengan kesepakatan bantuan US$1.200 per orang. Namun  Ketua DPR Nancy Pelosi menolak gagasan mengesahkan RUU yang  memberikan bantuan kepada maskapai penerbangan tanpa paket bantuan yang lebih luas.

Dari laporan ekonomi yang dirilis, klaim pengangguran awal berada di atas perkiraan pada pekan yang berakhir 3 Oktober. Departemen Tenaga Kerja mengatakan klaim pengangguran awal turun tipis ke 840.000, turun 9.000 dari level  minggu sebelumnya di 849.000.

Secara sektoral, semua sektor alami pergerakan yang kuat seperti saham energi dengan Philadelphia Oil Service Index melonjak 5,3 persen, sedangkan NYSE Arca Oil Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing naik 3,6 persen dan 3,4 persen.  Penguatan yang signifikan juga terlihat di saham maskapai penerbangan yang tercermin dari kenaikan 2,6 persen yang dibukukan oleh NYSE Arca Airline Index.

Saham perumahan juga  mendorong Indeks Sektor Perumahan Philadelphia naik 2,6 persen. Demikian saham jaringan dan perangkat keras komputer menunjukkan kekuatan yang signifikan. Saham yang paling signifikan cetak kenaikan seperti saham IBM dan saham Exxon Mobil dengan lonjakan 5,91% dan 5,13% masing-masing.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here