Sentimen Hari ini : Kasus Virus Corona Melampaui 40 Juta

730
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Kasus virus corona di seluruh dunia melampaui 40 juta menurut penghitungan Reuters pada hari Senin (19/10), ketika awal musim dingin di belahan bumi utara memicu kebangkitan dalam penyebaran penyakit.

Penghitungan Reuters didasarkan pada pelaporan resmi oleh masing-masing negara. Data Reuters menunjukkan laju pandemi terus meningkat. Hanya butuh 32 hari untuk beralih dari 30 juta kasus global menjadi 40 juta, dibandingkan dengan 38 hari yang dibutuhkan untuk mencapai 20 hingga 30 juta, 44 hari antara 10 dan 20 juta, dan tiga bulan yang dibutuhkan untuk mencapai 10 juta kasus dari saat kasus pertama dilaporkan di Wuhan, Cina, pada awal Januari.

Rekor peningkatan infeksi baru dalam satu hari terlihat pada akhir pekan lalu, dengan kasus virus corona global meningkat di atas 400.000 untuk pertama kalinya.

Ada rata-rata sekitar 347.000 kasus setiap hari selama seminggu terakhir, dibandingkan dengan 292.000 pada minggu pertama Oktober.

Kasus COVID-19 di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan mewakili sekitar 47,27% atau hampir setengah dari kasus global.

Sekitar 247 kasus terlihat per 10.000 orang di Amerika Serikat. Untuk India dan Brazil, angka tersebut masing-masing mencapai 55 kasus dan 248 kasus per 10.000 orang.

Kasus baru tumbuh di lebih dari 150.000 sehari di Eropa, karena banyak negara termasuk Italia, Belanda, Jerman, Austria, Polandia, Ukraina, Siprus, dan Republik Ceko telah melaporkan rekor peningkatan harian dalam jumlah infeksi virus corona.

Eropa saat ini menyumbang lebih dari 17% kasus global dan hampir 22% kematian terkait dengan virus di seluruh dunia.

Beberapa bagian Inggris diisolasi ketika Perdana Menteri Boris Johnson berusaha untuk menahan gelombang kedua infeksi melalui tindakan lokal.

Prancis memberlakukan jam malam sementara negara-negara Eropa lainnya menutup sekolah, membatalkan operasi, dan mendaftarkan petugas medis siswa.

Presiden AS Donald Trump menyerukan stimulus ekonomi besar karena infeksi AS melampaui delapan juta, dengan rekor lonjakan di beberapa negara bagian.

Negara-negara bagian di Midwest melihat peningkatan kasus virus corona, dengan infeksi baru dan rawat inap meningkat ke tingkat rekor.

Penghitungan kumulatif infeksi virus corona di India mencapai 7,43 juta pada hari Sabtu, dengan jumlah infeksi aktif turun di bawah 800.000 untuk pertama kalinya dalam 1,5 bulan.

Iran, negara Timur Tengah yang paling terpukul oleh virus korona, memperpanjang pembatasan dan penutupan di ibu kota Teheran hingga minggu ketiga pada hari Sabtu ketika jumlah kematian meningkat di atas 30.000.

Sejak pandemi dimulai, lebih dari 1,1 juta orang telah meninggal karena COVID-19, dengan tingkat kematian global berkisar sekitar 2,8% dari total kasus.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here