Bursa Eropa Mixed Menantikan Kepastian Stimulus Fiskal AS

925
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa mixed pada Selasa (20/10), terpengaruh sentimen kekhawatiran tentang peningkatan virus corona di Eropa dan menantikan kepastian stimulus fiskal AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa sedikit berubah untuk sesi ini, mengurangi penurunan sebelumnya, dengan sektor dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan.

Indeks FTSE naik 0,36%. Indeks DAX turun -0,33%. Indeks CAC menguat 0,35%.

Perkembangan pandemi virus corona menjadi fokus investor karena jumlah infeksi baru setiap hari mencapai rekor tertinggi di Eropa pada hari Senin, menurut Reuters.

Investor juga mengawasi politik AS. Saham berjangka AS naik pada perdagangan Selasa pagi menjelang tenggat waktu untuk kesepakatan stimulus fiskal baru dari Washington.

Kontrak berjangka untuk Dow Jones Industrial Average naik 79 poin, sedangkan untuk S&P 500 dan Nasdaq 100 juga diperdagangkan di wilayah yang agak positif.

Itu terjadi setelah Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin “terus mempersempit perbedaan mereka” dalam percakapan telepon Senin sore untuk membahas paket stimulus lain, menurut juru bicara Pelosi, Drew Hammill. Pembicara mengatakan bahwa hari Selasa adalah batas waktu untuk mencapai kesepakatan sebelum pemilihan 3 November.

Melihat saham individu, UBS melaporkan laba bersih $ 2,1 miliar untuk kuartal ketiga pada hari Selasa, naik 99% dari periode yang sama tahun lalu. Analis memperkirakan laba bersih dilaporkan sebesar $ 1,5 miliar untuk kuartal tersebut, menurut data dari Refinitiv Eikon. Saham pengelola kekayaan terbesar dunia ini naik 2,3% merespon berita tersebut.

Menempel dengan perusahaan Swiss, Logitech melonjak ke puncak benchmark Eropa selama perdagangan pagi. Produsen peralatan komputer itu melaporkan lonjakan 75% dalam penjualan kuartal kedua, mengutip peningkatan permintaan karena banyak orang beradaptasi untuk bekerja dari rumah di tengah pandemi. Saham Logitech melonjak lebih dari 17%.

Sementara itu, operator telekomunikasi Swedia Tele2 merosot ke dasar indeks setelah perusahaan melaporkan pendapatan inti sejalan dengan ekspektasi pasar dan membiarkan prospek laba operasi tidak berubah. Saham perusahaan merosot hampir 7% karena berita.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa akan mencermati perkembangan stimulus fiskal AS, yang jika terjadi kesepakatan akan menguatkan bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here