Bursa Eropa Naik Terdukung Harapan Penemuan Vaksin Virus Corona

500
London - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada Selasa (10/11) terdukung harapan penemuan vaksin virus corona.

Indeks Stoxx 600 naik 0,6% pada sore hari, saham teknologi turun 1,1% sementara bank melonjak 3,4%.

Indeks FTSE melompat 1,2%. Indeks DAX naik 0,1%. Indeks CAC meningkat 0,9%.

Momentum kenaikan datang menyusul reli di pasar saham global pada hari Senin, setelah raksasa farmasi AS Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech mengatakan vaksin virus korona mereka lebih dari 90% efektif dalam mencegah Covid-19 di antara mereka yang tidak memiliki bukti infeksi sebelumnya.

Saham berjangka AS juga bergejolak pada perdagangan pagi hari Selasa menyusul rekor reli di sesi sebelumnya. Dow Jones Industrial Average berjangka naik lebih tinggi setelah sebelumnya turun lebih dari 200 poin. S&P 500 berjangka dan Nasdaq 100 berjangka juga diperdagangkan di wilayah fraksional positif.

Adidas pada hari Selasa menawarkan prospek yang hati-hati untuk penjualan dan laba operasi pada kuartal keempat di tengah kebangkitan pandemi virus corona di seluruh Eropa. Saham Adidas diperdagangkan 4,9% lebih rendah pada sore hari.

Dalam hal aksi harga saham individu, operator mal URW melihat sahamnya melambung lebih dari 17% setelah pemegang saham menolak rencana penerbitan saham baru, sementara saingannya Klepierre menambahkan 15%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, produsen alat bantu dengar Denmark Gn Store Nord turun 6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif mencermati harapan penemuan vaksin virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here