PDB Q3 Inggris Rebound 15,5%

716
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Inggris tumbuh 15,5% pada kuartal ketiga, menurut angka awal yang diterbitkan Kamis, mulai pulih dari penurunan tajam.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 15,8% kuartal-ke-kuartal dalam PDB (produk domestik bruto) dalam tiga bulan hingga September. Itu terjadi setelah penurunan 19,8% yang belum pernah terjadi sebelumnya pada kuartal sebelumnya karena penguncian nasional mengukur aktivitas yang melumpuhkan.

Rebound kuartal ketiga menandai ekspansi kuartalan paling tajam di Inggris sejak pencatatan dimulai pada tahun 1955, tetapi PDB masih 9,7% di bawah di mana pada akhir 2019, Kantor Statistik Nasional mengatakan Kamis. Dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu, PDB turun 9,6%.

Pertumbuhan bulanan melambat sepanjang kuartal ketiga. PDB meningkat sebesar 6,3% pada Juli, melambat menjadi 2,2% pada Agustus dan 1,1% pada September, ketika didorong oleh industri profesional, ilmiah dan teknis, menurut ONS.

Namun, dengan Inggris sekarang dalam penguncian parsial selama sebulan hingga setidaknya 2 Desember di tengah kenaikan kasus virus korona, pemulihan diperkirakan akan kehilangan tenaga dalam tiga bulan terakhir tahun ini.

Tenggat waktu bagi Inggris dan UE untuk mencapai kesepakatan tentang hubungan perdagangan pasca-Brexit juga semakin dekat, dengan skenario “tanpa kesepakatan” di akhir tahun diperkirakan akan menyebabkan gangguan ekonomi lebih lanjut.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak baru-baru ini mengumumkan perpanjangan skema cuti negara itu hingga akhir Maret dalam upaya untuk menangkal lonjakan pengangguran yang tiba-tiba, sementara Bank of England memperluas target pembelian asetnya menjadi £ 895 miliar ($ 1,2 triliun) ). Bank sentral memperkirakan kontraksi 11% sepanjang tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here