Nikkei 14 Desember Rebound oleh Kuatnya Data Survei Bisnis Tankan

788
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang  ditutup lebih tinggi pada perdagangan hari Senin (14/12/2020) didukung oleh survei sentimen bisnis Tankan Bank of Japan yang  meningkat pada laju tercepat dalam hampir dua dekade. Sentimen juga diperkuat oleh kemajuan peluncuran vaksin COVID-19 secara global. Namun keuntungan saham terbatas karena Jepang melaporkan rekor lebih dari 3000 kasus terinfeksi pada hari Sabtu.

Sentimen bisnis di Jepang meningkat ke -10 di Q4, pembacaan tertinggi dalam tiga kuartal, sementara itu data produksi industri naik 4.0% bulan ke bulan di bulan Oktober, kenaikan bulan kelima berturut-turut.

Indeks harian Nikkei ditutup naik 79,92 poin atau 0,3% lebih tinggi ke posisi 26732,44. Demikian  untuk indeks Topix naik 8,51 poin atau 0,48 persen  pada 1.790,52.  Untuk indeks Nikkei berjangka bulan Maret 2021  bergerak negatif dengan naik  170 poin atau 0,64%  ke posisi 26.690.

Saham Toyota Motor naik hampir 1,7% untuk mencapai level tertinggi sejak awal Februari, didukung oleh peluncuran mobil sel bahan bakar hidrogen yang dirubah serta oleh meningkatnya data penjualan mobil China bulan November yang solid. Kemudian saham Nintendo melonjak 3,13% karena perusahaan game yang berbasis di Kyoto terus mendapatkan keuntungan dari pembatasan sosial yang lebih ketat.

Sementara itu saham Mitsubishi Heavy Industries melonjak lebih dari 7,5% setelah surat kabar harian Nikkei melaporkan pada hari Jumat bahwa proyek yang dipimpin perusahaan untuk membangun pesawat tempur baru akan bergabung dengan perusahaan kedirgantaraan AS Lockheed Martin Corp.

 Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here