Klaim Pengangguran AS Menurun

698
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pengajuan pertama kali untuk asuransi pengangguran sedikit berubah selama seminggu terakhir meskipun ada indikator lain bahwa pasar tenaga kerja melemah pada akhir 2020.

Klaim mingguan mencapai 787.000 untuk pekan yang berakhir 2 Januari, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan Kamis. Itu kurang dari perkiraan Dow Jones di 815.000 dan sedikit menurun dari total revisi naik 790.000 untuk minggu sebelumnya.

Laporan itu juga menunjukkan penurunan 126.000 klaim berlanjut, sehingga totalnya turun menjadi 5,07 juta. Mereka yang menerima manfaat dari semua program juga turun, menurun 420.000 menjadi 19,2 juta.

Klaim tetap jauh di atas tingkat pra-pandemi karena lonjakan infeksi Covid yang terus berlanjut telah menyebabkan pembatasan ekonomi di negara bagian dan kota di seluruh AS.

Pada hari Rabu, ADP melaporkan bahwa perekrutan swasta menurun untuk pertama kalinya sejak April karena perusahaan kehilangan 123.000 pada bulan Desember. Penghitungan itu menunjukkan bahwa hampir semua PHK terjadi pada bisnis besar dan industri perhotelan karena hotel, restoran, dan bar sangat terpukul oleh peningkatan pandemi musim dingin.

Angka klaim mingguan muncul sehari menjelang laporan nonfarm payrolls yang diawasi dengan ketat.

Departemen Tenaga Kerja diperkirakan akan melaporkan pada hari Jumat bahwa ekonomi AS menambahkan hanya 50.000 pekerjaan saat 2020 yang penuh gejolak akan segera berakhir, sementara tingkat pengangguran terlihat naik tipis menjadi 6,8%, menurut perkiraan Dow Jones.

Bahkan di tengah kemungkinan perekrutan melambat saat tahun ditutup, rata-rata pergerakan empat minggu untuk klaim terus menurun, jatuh minggu lalu ke 818.750. Namun pasar tenaga kerja tetap dalam tekanan yang mendalam, karena rata-rata empat minggu tahun lalu adalah 219.750.

Di tingkat negara bagian, Illinois melaporkan sejauh ini penurunan terbesar dalam klaim di 62.765, menurut data yang tidak disesuaikan. Beberapa negara bagian menunjukkan keuntungan lebih dari 10.000, termasuk Colorado, Georgia, Kansas, Virginia dan Texas.

Bahkan dengan penurunan perekrutan, kuartal keempat diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here