Saham Wall Street Semakin Kuat oleh Data Penurunan Klaim Pengangguran AS

365
wall street

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan bursa saham Amerika terlihat semakin kuat pada perdagangan yang berakhir Jumat dinihari WIB (5/2/2021), dengan semua  indeks utamanya cetak keuntungan dan mendekati posisi rekor tertinggi mereka. Pergerakan kuat harga saham di Wall Street sudah terlihat sejak awal sesi dengan Dow Jones paling memimpin. 

Indeks  Dow Jones  naik 261,91 poin atau 0,9 persen pada 30.985,51, indeks Nasdaq naik 91,80 poin atau 0,7 persen pada 13.702,34 dan indeks S&P 500 naik 26,43 poin atau 0,7 persen pada 3.856,60. Pasar saham terus mendapatkan keuntungan dari momentum kenaikan yang terlihat di awal minggu, yang telah membantu saham sebagian besar mengimbangi penurunan tajam pekan lalu.

Meredanya kekhawatiran tentang perdagangan spekulatif telah membantu mendorong pasar lebih tinggi bersama dengan sebagian besar berita pendapatan yang optimis dari perusahaan-perusahaan besar.

Sentimen positif juga dihasilkan sebagai reaksi terhadap laporan dari Departemen Tenaga Kerja yang menunjukkan penurunan lanjutan dalam klaim pertama kali untuk tunjangan pengangguran AS di pekan yang berakhir pada 30 Januari. Klaim  menjadi 779.000, turun 33.000 dari level revisi minggu sebelumnya di 812.000.

Secara sektoral, saham perbankan memimpin penguatan dengan lonjakan 2,8 persen oleh Indeks Bank KBW. Selanjutnya kekuatan  pada saham maskapai penerbangan  dengan NYSE Arca Airline Index melonjak 2,7 persen ke level penutupan terbaiknya dalam hampir dua bulan.

Saham tembakau, pialang dan transportasi juga mengalami penguatan yang signifikan, bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya. Namun sebaliknya, sektor yang berbalik arah yaitu  saham emas yang alami pelemahan dengan penurunan 2,6 persen oleh Indeks Bugs Emas Arca NYSE.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here