Bursa Eropa Merosot Terpengaruh Pelemahan Sebagian Besar Bursa Global

493
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa tergelincir ke wilayah negatif pada hari Selasa (20/04)  terpengaruh pelemahan sebagian besar pasar saham global.

Indeks Stoxx 600 Eropa merosot 1,1% pada sore hari, dengan utilitas jatuh 1,2% menyebabkan kerugian karena semua sektor mundur kecuali otomotif, yang naik 0,7%.

Indeks FTSE melemah -1,14%. Indeks DAX turun -0,8%. Indeks CAC merosot -1,39%.

Pasar Eropa mengikuti pola sentimen tidak pasti di seluruh dunia karena meningkatnya kasus Covid-19 di beberapa negara memunculkan kembali kekhawatiran tentang penilaian saham.

Saham berjangka AS jatuh dalam perdagangan pra-pasar pada hari Senin, dengan investor bersiap untuk gelombang pendapatan perusahaan berikutnya. Musim penghasilan berlanjut di AS Selasa dengan Netflix akan melaporkan setelah bel.

Indeks utama AS juga jatuh pada hari Senin, terseret oleh kelemahan keseluruhan di sektor teknologi. Dow Jones Industrial Average kehilangan lebih dari 120 poin, terseret oleh penurunan lebih dari 1,5% pada saham Intel.

Sedangkan bursa saham di Asia-Pasifik beragam dalam perdagangan Selasa, dengan saham Jepang memimpin kerugian di antara pasar utama kawasan itu.

Investor di Eropa mengawasi laporan pendapatan di wilayah tersebut; ini berasal dari Kering, Danone, Atos dan Associated British Foods, yang menyajikan hasil sementara untuk Primark, sementara Rio Tinto merilis tinjauan operasi kuartal pertama.

Danone membukukan penurunan 3,3% dalam penjualan kuartal pertama tetapi mempertahankan tujuannya untuk kembali ke pertumbuhan yang menguntungkan di paruh kedua tahun ini. Saham grup makanan Prancis ini turun 2,9% pada sore hari.

Saham AB Foods turun 3,5% setelah laba operasi disesuaikan hampir setengahnya dari periode yang sama tahun lalu.

Pembuat peralatan medis Swedia Getinge adalah pendaki terbesar pada sore hari, menambahkan 4,6% setelah melaporkan kenaikan laba kuartal pertama.

British American Tobacco merosot 6,8%, memimpin penurunan luas untuk perusahaan tembakau setelah laporan bahwa pemerintahan AS sedang mempertimbangkan persyaratan untuk mengurangi kandungan nikotin di semua rokok yang dijual di AS. Merek Imperial juga turun 6,7%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, pembuat chip Austria AMS anjlok lebih dari 11% setelah laporan kehilangan beberapa bisnis dari raksasa teknologi AS Apple, sementara Swiss Re turun 7,2% setelah menjalin kemitraan dengan Veoneer untuk memajukan penilaian dan pengembangan teknologi ADAS.

Di sisi data, pengangguran Inggris turun secara tak terduga untuk bulan kedua berturut-turut menjadi 4,9% pada periode hingga akhir Februari, meskipun ada tindakan penguncian Covid-19 yang ketat secara nasional, angka Kantor Statistik Nasional menunjukkan pada hari Selasa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah, terpengaruh pelemahan sebagian besar bursa saham global. Peningkatan kasus covid-19 di beberapa negara juga mempengaruhi pergerakan bursa saham Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here