Pefindo: Update Pemeringkatan per Q1 Tahun 2021

500

(Vibiznews – Bond & Mutual) Dalam press conference yang dilakukan secara virtual melalui Zoom, Senin (19/04/2021), Pefindo memberikan update kinerja di Q1 tahun 2021 mengenai apa saja yang telah Pefindo lakukan.

Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Danan Dito menyampaikan bahwa terdapat 48 pekerjaan dari Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan atau F1 Rating, termasuk 7  perkerjaan unsolicited dan 2  perusahaan yang peringkatnya ditarik  (withdrawn). Namun jumlah rating (termasuk  withdrawn) ada 36, karena untuk  beberapa perusahaan dilakukan review  lebih dari 1x.

Jika dilihat dari rating distribution sektor perbankan dan multifinance maka Jumlah portofolio perbankan adalah 43, termasuk 2 unsolicited, sedangkan portofolio  multifinance adalah 30, dengan 4 unsolicited. Sedangkan kalau dari segi peringkat, baik di sektor perbankan dan multifinance, cukup banyak yang  masih kuat (A atau lebih tinggi).

Secara finansial, rasio yang paling terdampak adalah bagian profitabilitas, karena berkurangnya arus kas dari restrukturisasi dan kenaikan biaya pencadangan.

Untuk sektor asuransi ada 32 portofolio, termasuk 5 yang merupakan unsolicited. Di sektor ini tidak banyak mengalami perubahan peringkat, dengan penurunan premi terimbangi oleh penurunan klaim, namun terdampak juga oleh hasil investasi yang lebih rendah.  Untuk Rasio-rasio keuangan lainnya (likuiditas dan permodalan) masih stabil, ungkap Danan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here