Dolar AS Naik Terpicu Peningkatan Kasus Covid-19

576

(Vibiznews – Forex) Dolar AS menguat pada hari Rabu (21/04), naik dari level terendah tujuh minggu semalam, karena pelemahan di pasar saham yang dipicu oleh kebangkitan kasus COVID-19 di negara-negara dari India hingga Jepang memicu minat baru untuk dolar AS.

Permintaan safe haven juga mendukung franc Swiss dan yen Jepang karena prospek ekonomi global melemah.

Indeks dolar, yang melacak mata uang AS terhadap enam mata uang utama, naik 0,14% pada 91,347 pada awal perdagangan London setelah merosot ke level 90,856 pada hari Selasa untuk pertama kalinya sejak 3 Maret. Sejauh ini telah turun 2,4% bulan ini.

Rebound dolar AS disertai dengan imbal hasil Treasury AS yang lebih lembut karena investor mempertimbangkan lonjakan kasus COVID-19 terhadap aksi jual berbasis luas dalam dolar AS dalam beberapa pekan terakhir meskipun ada data ketenagakerjaan dan penjualan ritel AS yang kuat.

Imbal Hasil Treasury 10-tahun berada di sekitar 1,58%, tidak jauh dari level terendah sejak pertengahan Maret, karena terus berkonsolidasi setelah mundur dari level tertinggi 14-bulan di 1,7760% yang dicapai pada akhir bulan lalu.

Euro turun 0,25% menjadi $ 1,2000, setelah menyentuh level tertinggi tujuh minggu di $ 1,2079 semalam.

Bank Sentral Eropa memutuskan kebijakan pada hari Kamis, dengan Federal Reserve menyusul minggu depan.

Penurunan imbal hasil AS dan dolar pada bulan April datang sebagai bukti yang meningkat bahwa Fed akan lebih lambat dalam pengetatan kebijakan moneter daripada yang terlihat di pasar.

Secara umum, perkembangan pandemi memicu kewaspadaan investor.

India melaporkan 1.761 kematian akibat COVID-19, korban harian tertinggi, sementara Kanada dan Amerika Serikat memperpanjang penutupan perbatasan darat untuk pelancong yang tidak penting.

Dolar Australia, barometer untuk risk appetite, mempertahankan kerugian di $ 0,7717 setelah melemah 0,4% semalam.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS bergerak naik seiring kekhawatiran pelemahan ekonomi global akibat peningkatan kasus covid-19 di beberapa negara seperti India, Brazil dan Kanada.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here