Bursa Eropa Naik ke Rekor Tertinggi Mengikuti Penguatan Bursa Global

551
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada hari Jumat (28/05) ke rekor tertinggi mengikuti penguatan saham global yang terdorong data ekonomi yang kuat dari AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5% selama perdagangan sore, melewati rekor tertinggi intraday hari Kamis. Saham jasa keuangan naik 1,4% memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,46%. Indeks DAX meningkat 0,88%. Indeks CAC menanjak 0,85%.

Ekuitas global menuju kenaikan hari ketujuh berturut-turut setelah klaim pengangguran pertama kali di AS turun ke pandemi baru 406.000, menurut data Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis, memberikan indikasi positif kesehatan pemulihan ekonomi di negara ekonomi terbesar di dunia ini.

Saham Asia juga naik dalam perdagangan hari Jumat, dipimpin oleh kenaikan lebih dari 2% untuk Nikkei 225 Jepang, sementara saham berjangka AS menunjukkan pembukaan yang kuat di Wall Street.

Investor juga memantau negosiasi di Washington mengenai paket belanja infrastruktur yang bertujuan untuk lebih mendukung pemulihan.

Kembali di Eropa, sentimen ekonomi zona Eropa naik lebih dari yang diperkirakan pada Mei mencapai level tertinggi tiga tahun, data menunjukkan Jumat, dengan indeks Komisi Eropa naik menjadi 114,5 poin dari 110,5 pada April. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pembacaan 112,1.

Perekonomian Prancis mengalami kontraksi sebesar -0,1% pada kuartal pertama untuk merosot ke dalam resesi teknis, dengan data akhir pada hari Jumat merevisi turun perkiraan sebelumnya dari ekspansi 0,4% di belakang aktivitas konstruksi yang lemah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah memperingatkan bahwa pencabutan penuh pembatasan virus korona Inggris pada 21 Juni dapat ditunda karena kasus varian Covid yang pertama kali terdeteksi di India meningkat selama seminggu terakhir.

Perusahaan minyak, Total, mengadakan rapat umum tahunan pada hari Jumat, dengan grup tersebut mengusulkan untuk mengubah namanya menjadi TotalEnergies untuk menandai langkahnya menuju sumber energi yang lebih bersih, sambil menghadapi tekanan atas rencana iklimnya.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan telekomunikasi Luksemburg SES naik 5,7% untuk memimpin Stoxx 600, sementara di bagian bawah indeks, Banco de Sabadell dari Spanyol turun 5,6% setelah merilis rencana strategis tiga tahunnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung penguatan bursa global yang meningkat seiring data yang membaik untuk pertumbuhan ekonomi AS dan penurunan klaim pengangguran mingguan AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here