Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Peningkatan Aktivitas Manufaktur

450
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Selasa (01/06) terdukung peningkatan data manufaktur kawasan Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eroipa naik 1% pada perdagangan tengah pagi ke level tertinggi baru sepanjang masa, dengan sumber daya dasar menambahkan 3,2% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan dengan kuat di wilayah positif.

Indeks FTSE menguat 1%. Indeks DAX melonjak 1,4%. Indeks CAC naik 0,8%.

Bursa Saham di Asia-Pasifik sebagian besar naik pada penutupan Selasa.

Indeks saham berjangka AS juga lebih tinggi pada awal perdagangan premarket pada hari Selasa, menandakan awal yang positif di Wall Street selanjutnya.

Indeks utama Eropa ditutup lebih rendah pada hari Senin setelah sesi yang tenang karena hari libur umum di Inggris dan AS, dengan angka inflasi dari Jerman dan Spanyol memandu sentimen. Optimisme atas prospek pemulihan ekonomi kawasan terus mendorong pasar lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir, dengan lebih banyak indikator yang akan datang pada hari Selasa.

Pembacaan Markit Manufacturing PMI akhir untuk bulan Mei menunjukkan aktivitas di zona Eropa mencapai rekor tertinggi 63,1, naik dari 62,9 di bulan April dan melebihi perkiraan awal di 62,8.

Di Inggris, aktivitas pabrik naik menjadi 65,6 pada Mei dari 60,9 pada April, peningkatan tertajam sejak pencatatan dimulai, karena pesanan baru mendorong kebangkitan industri negara itu.

Komisi Eropa pada hari Senin mengusulkan bahwa wisatawan yang divaksinasi harus dibebaskan dari pengujian wajib atau tindakan karantina saat bepergian antara negara-negara UE, mendesak pelonggaran progresif pembatasan perjalanan untuk mengakomodasi peningkatan inokulasi Covid-19.

Dalam berita perusahaan, investor Atlantia pada hari Senin mendukung penjualan $ 11 miliar saham grup infrastruktur Italia di divisi jalan raya kepada bank negara CDP dan sekutu Blackstone dan Macquarie.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, kontraktor ruang kantor Inggris IWG menambahkan 4,7% pada awal perdagangan sementara InPost Luksemburg turun 2,4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung peningkatan aktivitas manufaktur zona Eropa dan Inggris. Penguatan bursa AS dan Asia juga memberikan dukungan kenaikan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here