Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Peningkatan Sentimen Ekonomi

613
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (29/06) terdukung kenaikan data sentimen ekonomi zona Eropa dan menantikan data ekonomi utama dari AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3%, dengan mobil naik 0,9%, sementara perjalanan dan liburan turun 0,4%.

Terpantau indeks FTSE naik 0,25%. Indeks DAX menguat 0,87%. Indeks CAC naik 0,4%.

Awal yang positif untuk Eropa melawan tren yang ditetapkan di Asia-Pasifik, di mana saham melemah pada hari Selasa meskipun ada kenaikan semalam di Wall Street, yang membuat S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup pada rekor tertinggi. Saham berjangka AS mengarah ke pembukaan datar pada hari Selasa. Harga minyak jatuh semalam karena meningkatnya infeksi Covid-19 mengancam permintaan bahan bakar.

Investor global juga menantikan data pasar tenaga kerja AS yang berpotensi signifikan akhir pekan ini, karena pasar melihat untuk mengukur apakah Federal Reserve AS akan dipaksa untuk mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter lebih cepat dari yang direncanakan. Laporan pekerjaan utama Departemen Tenaga Kerja akan dirilis Jumat.

Kembali di Eropa, pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Senin memulai diskusi publik tentang kapan dan bagaimana menghentikan program pembelian obligasi darurat besar-besaran yang diluncurkan tahun lalu untuk mendukung ekonomi zona euro melalui pandemi.

Sentimen ekonomi zona euro menguat ke level tertinggi 21 tahun pada Juni karena pembukaan kembali lebih lanjut mendorong optimisme, menurut survei sentimen bulanan Komisi Eropa. Sentimen ekonomi naik menjadi 117,9 poin dari 114,5 pada Mei, di depan perkiraan konsensus 116,5 dari para ekonom dalam jajak pendapat Reuters.

Sementara itu ekspektasi inflasi konsumen zona euro mencapai 27,1 di bulan Juni, naik dari 22,2 di bulan Mei, dan ekspektasi harga produsen naik dari 29,9 di bulan Mei menjadi 36,0 di bulan Juni.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan peralatan listrik Prancis Rexel naik 5,9% pada perdagangan pagi hari setelah menaikkan panduan laba 2021.

Operator perjalanan Anglo-Jerman Tui turun 4,2% ke dasar indeks setelah pengumuman obligasi konversi, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa naik dengan peningkatan sentimen ekonomi Zona Eropa. Indikasi kenaikan data Non Farm Payrolls AS yang akan dirilis Jumat ini, juga memberikan dukungan bagi pasar saham global, termasuk bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here