Bursa Eropa Bergerak Naik Pasca Rilis NFP AS

781
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Jumat (06/08) karena investor memantau putaran baru pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,05%, dengan saham asuransi naik 1,4% untuk memimpin kenaikan setelah pendapatan kuat dari Allianz, sementara saham perawatan kesehatan turun 0,8%.

Terpantau indeks FTSE naik 0,09%. Indeks DAX naik 0,21%. Indeks CAC menguat 0,5%.

Bursa Saham di Asia-Pasifik juga bervariasi dalam perdagangan Jumat karena meningkatnya kasus Covid-19 terus membebani sentimen, sementara investor menunggu rilis laporan pekerjaan utama dari Departemen Tenaga Kerja AS.

Di Amerika Serikat, saham berjangka AS sedikit berubah pada awal perdagangan pra-pasar karena investor bereaksi terhadap laporan pekerjaan Juli yang lebih baik dari perkiraan dari Departemen Tenaga Kerja AS.

Nonfarm payrolls meningkat 943.000 untuk bulan tersebut sementara tingkat pengangguran turun menjadi 5,4%.

Penghasilan tetap menjadi fokus di Eropa, dengan perusahaan pelayaran terbesar di dunia Maersk melaporkan Jumat, bersama dengan Allianz, Vonovia dan London Stock Exchange.

Maersk, perusahaan pengiriman peti kemas terbesar di dunia, telah membukukan peningkatan tajam dalam pendapatan kuartal kedua karena kemacetan dan kemacetan terus menaikkan tarif pengiriman.

Raksasa Denmark itu melaporkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar $5,1 miliar, meningkat 200% dari $1,7 miliar yang dilaporkan pada periode yang sama tahun lalu. Saham Maersk adalah 0,5% pada Jumat sore.

Perusahaan asuransi Jerman Allianz mengalahkan ekspektasi laba kuartal kedua dengan laba bersih 2,225 miliar euro ($2,6 miliar), juga meningkatkan prospeknya dan mengumumkan program pembelian kembali saham 750 juta euro.

Saham Allianz naik 2,2% pada pertengahan sore, sementara London Stock Exchange dan Banco BPM keduanya naik 6% setelah laporan pendapatan.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, pabrikan Jerman Rational turun 5,8%.

Dalam berita perusahaan lainnya, konglomerat Jerman Thyssenkrupp pada hari Kamis mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk menjual unit infrastrukturnya kepada perusahaan investasi Jerman FMC Beteiligungs KG dengan biaya yang tidak diungkapkan, bagian penting dari rencana restrukturisasinya.

Di depan data, gaji awal Inggris untuk pekerjaan permanen naik paling banyak dalam catatan bulan lalu karena pengusaha berjuang untuk merekrut mengingat pandemi, menurut sebuah survei yang diterbitkan Jumat.

Output industri Jerman turun secara tak terduga sebesar 1,3% pada bulan Juni, penurunan bulanan kedua berturut-turut, menurut Kantor Statistik Federal.

Bank of England pada hari Kamis mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah, tetapi memperingatkan periode inflasi di atas target yang lebih jelas dalam waktu dekat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik mencermati laporan pendapatan perusahaan dan meningkatnya data Non Farm Payrolls AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here