Cadangan Devisa Juli 2021 Meningkat ke USD137,3 Miliar; Didukung Penerbitan Global Bond

547
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2021 tercatat sebesar 137,3 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2021 sebesar 137,1 miliar dolar AS. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” demikian dinyatakan Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Bank Indonesia dalam rilisnya kepada media, Jumat ini (6/8).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Juli 2021 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Ditambahkan Erwin Haryono: “Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.”

Sumber: BI, 6-8-2021

Analis Vibiz Research Center melihat kenaikan posisi cadangan devisa di bulan Juli 2021 ini sebagai perkembangan positif di tengah ketidakpastian pasar keuangan global dewasa ini. Indonesia nyatanya terus dipercayai dunia internasional untuk penerbitan global bond Pemerintah, sementara penerimaan pajak juga meningkat. Seperti disebutkan BI, level cadangan devisa ini mendukung ketahanan sektor eksternal.

Sumber: BI, 6-8-2021

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here