Presiden Jokowi Optimis Realisasi Investasi 2021 Sebesar 900 Triliun Tercapai

465

(Vibizmedia – Nasional) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan optimisnya akan realisasi investasi 2021 mencapai target Rp900 Triliun, yang hingga semester pertama tahun ini sudah mencapai  Rp442,8 Triliun. Optimisme ini disampaikan  dalam  pidato Presiden RI di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pada pidato  Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,  Presiden Jokowi menyatakan akan terjadi penambahan investasi di bulan-bulan ke depan hingga bisa memenuhi target Rp900 Triliun, serta menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakkan perekonomian secara lebih signifikan.

Jokowi sampaikan Realisasi Investasi Indonesia periode Jan-Juni 2021, tdk trmasuk sektor hulu migas dan jasa keuangan, Rp442,8 T, dgn rncian 51,5% di Luar Jawa, dan 48,5% di Jawa. Investasi ini telah menyerap lebih dr 620 ribu tenaga kerja Indonesia. Beliau menyampaikan perkembangan investasi harus menjadi bagian terintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

Awal bulan Agustus dilaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melonjak pada kuartal kedua mencapai 7,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, rebound tajam dari kontraksi -0,74%, dan mengalahkan perkiraan konsensus pasar 6,57%. Untuk kuartal kedua dibandingkan kuartal sebelumnya (QoQ) ekonomi tumbuh 3,31%. Ini adalah pertama kalinya ekspansi ekonomi dalam lima kuartal dan laju terkuat sejak kuartal keempat 2004.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here