Kospi Cetak Gain Pertama Kalinya dalam 9 Sesi Berturut, Optimis Dovish Risalah The Fed

426
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham  Korea Selatan berhasil cetak gain pertama kalinya pada perdagangan hari Rabu (18/8/2021), setelah merugi selama  8 sesi berturut. Indeks Kospi rebound dari posisi terendah 3 bulan oleh aksi bargain hunting saham-saham yang berada di area oversoldnya.

Kospi menguat karena sentimen investor memperkirakan risalah Federal AS yang akan dirilis malam nanti memberikan sinyal dovish pada rencana pengurangan kebijakan stimulusnya.  Sebelumnya pada awal sesi berombak mengikuti penurunan saham di Wall Street yang tertekan berita Taliban mengambil alih  Afghanistan.

indeks kospi
Berita Kospi Lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 15,84 poin atau 0,50%  menjadi  3.158,93. Sementara itu untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 2,05 poin atau 0,50% ke posisi 413.26, setelah sempat naik ke posisi tertinggi 415.38 dan sempat turun ke posisi terendah di  408.46.

Saham bio dan asuransi retreat oleh aksi ambil untung, sementara saham sektor bank dan tekstil berkinerja kuat karena prospek yang menguntungkan. Saham kapital besar yang menguat seperti saham SK hynix menguat 2,46 persen, saham Naver naik tipis 0,12 persen , saham LG Chem naik 0,34 persen.

Yang mengalami penurunan seperti saham perusahaan farmasi terkemuka Samsung Biologics turun 1,88 persen, saham  Hyundai Motor turun 0,23 persen dan saham Kakao Bank merosot 3,32 persen  karena aksi ambil untung setelah mencapai level tertinggi.

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here