Imbal Hasil Treasury AS Turun Pasca Pidato Powell di Jackson Hole

1417

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS turun pada Jumat (27/08) setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan dalam sambutannya bahwa bank sentral akan mulai memotong pembelian asetnya sebelum akhir tahun ini tetapi kenaikan suku bunga masih jauh.

Imbal hasil Treasury 10-tahun kehilangan 2 basis poin, jatuh ke 1,323% pada pukul 11:00 ET. Imbal hasil pada obligasi Treasury 30-tahun turun lebih dari satu basis poin menjadi 1,926%.

Dengan penurunan tipis pada hari Jumat, imbal hasil Treasury masih lebih tinggi untuk minggu ini dan jauh di atas posisi terendah baru-baru ini.

Powell mengatakan dalam sambutannya bahwa The Fed telah melihat “kemajuan lebih lanjut yang substansial” pada tujuannya untuk inflasi, mengacu pada tolok ukur yang digunakan bank sentral untuk memberi sinyal kapan akan mulai mengetatkan kebijakan. Namun, Powell mengatakan bahwa “juga telah ada kemajuan yang jelas menuju lapangan kerja maksimum,”.

Powell juga memperingatkan bahwa dimulainya taper harus dilihat bukan sebagai sinyal kapan Fed akan menaikkan suku bunga.

Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan kepada CNBC pada hari Kamis bahwa dia ingin melihat bank sentral mengumumkan pengurangan pembelian obligasi pada bulan September.

Kaplan mengatakan bahwa dia khawatir tentang inflasi dan “pengambilan risiko yang berlebihan” yang telah menyebabkan “distorsi” di pasar keuangan, terutama di obligasi.

Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi, yang menunjukkan perubahan harga barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen dan merupakan indikator inflasi favorit The Fed, naik 4,2% pada Juli dari waktu yang sama tahun lalu dan 0,4% dari bulan sebelumnya, Departemen Perdagangan melaporkan Jumat.

Data sentimen konsumen akhir Universitas Michigan untuk Agustus datang di 70,3, memperkuat penurunan dramatis yang terlihat dalam pembacaan awal dua minggu sebelumnya. Namun, kepala ekonom Survei Konsumen Richard Curtin memperingatkan bahwa penurunan tajam bisa bersifat sementara, terutama karena masalah kesehatan yang disebabkan oleh varian delta Covid-19, dan tidak selalu menandakan perlambatan ekonomi yang akan datang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS turun setelah pernyataan ketua The Fed Jerome Powell untuk mengurangi pembelian aset sebelum akhir tahun dan kenaikan suku bunga masih jauh.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here