Sentimen Ekonomi Agustus Zona Eropa Turun Melebihi Perkiraan

409
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen ekonomi zona Eropa mundur lebih dari yang diperkirakan pada Agustus dari rekor tertinggi pada Juli, terpukul oleh penurunan tajam optimisme di Prancis dan Belanda, sementara ekspektasi harga jual memuncak.

Indeks sentimen ekonomi Komisi Eropa, yang dirilis pada hari Senin, turun ke 117,5 pada Agustus dari tertinggi sepanjang masa di 119,0 pada Juli. Optimisme memburuk di semua sektor utama — di industri menjadi 13,7 dari 14,5, di sektor jasa menjadi 16,8 dari 18,9 dan di kalangan konsumen menjadi -5,3 dari -4,4.

Namun, ekspektasi harga jual di industri, yang mengisyaratkan kemungkinan tekanan inflasi di masa depan, mencapai rekor di bulan Agustus.

Juga di kalangan konsumen, ekspektasi inflasi naik menjadi 31,1 di bulan Agustus dari 30,0 di bulan Juli, meskipun masih jauh di bawah tertinggi sepanjang masa di 38,7 dari tahun 2001.

Rencana perekrutan dalam konstruksi, perdagangan ritel dan jasa mendorong ekspektasi ketenagakerjaan lebih tinggi sebesar 1,2 poin menjadi 112,8 di zona euro, level tertinggi sejak November 2018.

Secara keseluruhan, Prancis mencatat penurunan sentimen ekonomi paling tajam sebesar 4,5 poin, disusul Belanda. Italia dan Spanyol juga melemah. Sentimen ekonomi terbesar zona euro, Jerman, hanya turun tipis sebesar 0,3 poin.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here