Bursa Jepang Melonjak Terdukung Tindakan Politik PM Suga

444

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Jepang berakhir melonjak pada hari Rabu (01/09), dengan Nikkei mencapai level tertinggi 1,5 bulan, terdukung tindakan Perdana Menteri Yoshihide Suga dapat membantu memulihkan stabilitas politik.

Indeks Nikkei naik 1,29% menjadi 28.451,02, penutupan tertinggi sejak 14 Juli, setelah menembus di atas level resistensi utama seperti rata-rata 200 hari di 28.281.

Indeks Topix yang lebih luas naik 1,03% ke penutupan tertinggi lima bulan di 1.980,79.

Media domestik melaporkan pada hari Selasa bahwa Suga bermaksud membubarkan majelis rendah parlemen pada pertengahan September dan sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pemilihan umum pada 17 Oktober.

Jajak pendapat menunjukkan Suga tetap tidak populer tetapi tidak cukup untuk membiarkan partai-partai oposisi mengalahkan koalisi yang berkuasa, dengan penurunan kasus virus corona domestik memberikan dorongan tambahan.

Secara historis, pasar cenderung berkinerja baik setelah parlemen dibubarkan, membuat short-seller gelisah untuk mempertahankan posisi mereka.

Komatsu melonjak 5,4% setelah Bloomberg melaporkan Ark Autonomous Technology and Robotics ETF Cathie Wood telah membeli kuitansi penyimpanan Amerika perusahaan hampir setiap hari sejak pertengahan Agustus.

Toyota Motor naik 0,6% untuk merebut kembali level yang terlihat sebelum pengumuman mengejutkan pembuat mobil pada 19 Agustus bahwa mereka akan memangkas produksi sebesar 40% pada bulan September.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here