Bursa Hong Kong Berakhir Pulih

570
indeks hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Hong Kong pulih dari penurunan menjadi berakhir lebih tinggi pada hari Selasa, meskipun kekhawatiran investor tentang risiko penularan dari masalah utang di pengembang properti China Evergrande tetap menjadi hambatan.

Indeks Hang Seng, yang merosot pada perdagangan pagi ke level terendah sejak Oktober lalu, mengakhiri hari dengan naik 0,51% menjadi 24.221,54.

Saham China Evergrande turun 0,44%, penurunan harian terkecil dalam lebih dari seminggu, tetapi masih berakhir pada penutupan terendah dalam 10 tahun.

Indeks pelacakan properti dan saham konstruksi naik 2,93%, pulih dari kerugian tajam yang ditandai pada sesi sebelumnya, dipimpin oleh lonjakan 11,8% di Guangzhou R&F Properties setelah perusahaan mengatakan akan mengumpulkan $2,5 miliar dengan meminjam dari pemegang saham utama dan menjual anak perusahaan.

Pasar saham China Daratan ditutup untuk festival pertengahan musim gugur dan akan dibuka kembali pada hari Rabu, 22 September. Pasar Hong Kong akan ditutup pada hari Rabu.

Evergrande, pengembang China yang paling berhutang, menghadapi ujian besar minggu ini karena akan membayar bunga $83,5 juta terkait dengan obligasi Maret 2022 pada hari Kamis. Ini memiliki pembayaran $ 47,5 juta lainnya yang jatuh tempo pada 29 September untuk catatan Maret 2024.

Evergrande yakin akan “keluar dari momen tergelapnya” dan memberikan proyek properti seperti yang dijanjikan, kata ketuanya dalam sebuah surat kepada staf yang dilaporkan oleh media lokal.

Semalam, S&P500 merosot 1,70%, penurunan terbesar dalam empat bulan, yang oleh para analis dikaitkan dengan kekhawatiran tentang Evergrande yang mengguncang pasar yang sudah gelisah.

Saham game juga naik di Hong Kong pada hari Selasa, dipimpin oleh MGM China, naik 7,1%, setelah eksekutif senior kasino dan junket Makau bertemu dengan pihak berwenang untuk mencari rincian tentang perubahan peraturan yang diusulkan, dan saham properti Hong Kong rebound menyusul aksi jual sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Hong Kong akan mencermati perkembangan Evergrande juga perkembangan bursa Wall Street, yang jika turun akan menekan bursa Hong Kong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here