Indeks Nikkei Berakhir Naik Setelah 8 Sesi Berturut-turut Merugi

552

(Vibiznews – Index) Indeks Nikkei Jepang naik pada hari Kamis setelah delapan sesi berturut-turut mengalami kerugian, karena tanda-tanda kemajuan dalam negosiasi politik AS mengenai plafon utang menawarkan katalis untuk bargain-hunting tetapi Topix yang lebih luas gagal mempertahankan kenaikan.

Investor membeli kembali saham yang telah terpukul turun baru-baru ini di tengah kekhawatiran bank sentral mungkin mengurangi stimulus lebih cepat dari yang diharapkan karena meningkatnya kekhawatiran tentang inflasi yang lebih tinggi di seluruh dunia.

Indeks Nikkei bertambah 0,54% menjadi 27.678,21 tetapi Topix yang lebih luas gagal mempertahankan kenaikan sebelumnya menjadi berakhir 0,12% lebih rendah pada 1.939,62, menandai penurunan hari kesembilan berturut-turut, yang merupakan penurunan terpanjang sejak 2012.

Senat AS tampaknya hampir mencapai kesepakatan sementara untuk mencegah default utang federal dalam dua minggu ke depan, setelah Demokrat mengatakan mereka mungkin menerima proposal Partai Republik untuk meredakan kebuntuan partisan yang mengancam ekonomi yang lebih luas.

Indeks saham terkait semikonduktor MSCI naik 1,3%, dengan Tokyo Electron naik 1,6% dan Screen Holdings naik 1,5%.

Di tempat lain, Welcia naik 5,9% setelah operator rantai toko obat itu membukukan hasil pendapatan yang cepat dalam tiga bulan hingga Agustus.

Tetapi Aeon kehilangan 6,1% setelah pendapatan operator jaringan supermarket mengecewakan investor.

Japan Post Holdings kehilangan 0,6% setelah pemerintah mengatakan akan menjual hingga 1,03 miliar saham, yang pada harga penutupan Rabu akan bernilai 952 miliar yen ($8,52 miliar).

Untuk mengurangi dampaknya, perusahaan mengumumkan pembelian kembali saham hingga 100 miliar yen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan sekanjutnya bursa Jepang akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang jika menguat akan memberikan dukungan bagi bursa Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here