Bursa Jepang Ditutup Naik Mengikuti Kenaikan Bursa Wall Street

559
indeks nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Jepang ditutup lebih tinggi pada hari Senin, mengikuti rebound bursa Wall Street, dengan saham teknologi kapital besar memimpin kenaikan dengan optimisme pemulihan ekonomi di tengah minggu menuju pertemuan bank sentral.

Indeks Nikkei ditutup naik 0,71% menjadi ditutup pada 28.640,49, kenaikan pertama dalam tiga sesi. Indeks Topix yang lebih luas ditutup 0,13% lebih tinggi pada 1.978,13.

Indeks S&P 500 di Wall Street mencapai rekor penutupan tertinggi pada hari Jumat, meskipun angka harga konsumen yang kuat memperkuat kasus untuk kebijakan moneter yang lebih ketat.

Investor tampaknya yakin pasar dapat mengatasi masalah dalam sejumlah pertemuan bank sentral minggu ini, termasuk kemungkinan awal pengurangan stimulus kebijakan AS. Reaksi terukur menunjukkan banyak yang sudah diperhitungkan dalam kebijakan, sementara beberapa analis mengatakan masalah rantai pasokan di balik kenaikan harga kemungkinan mereda.

Juga pertemuan adalah Bank Sentral Eropa, Bank Inggris dan Bank Jepang, dan semua menuju normalisasi kebijakan dengan kecepatan mereka sendiri, seringkali glasial.

Tokyo Electron (8035.T) dan Advantest (6857.T) terkait chip masing-masing naik 1,37% dan 2,37%, sementara pembuat AC Daikin Industries (6367.T) naik 1,66%.

Orix Corp (8591.T) naik 1,49% setelah media lokal melaporkan kelompok jasa keuangan telah memutuskan untuk menjual bisnis perangkat lunak Yayoi ke perusahaan ekuitas swasta AS KKR & Co (KKR.N) seharga sekitar 240 miliar yen ($2,12 miliar).

Pemberi pinjaman yang berbasis di Tokyo Shinsei Bank (8303.T) menyerahkan kerugian awal untuk menyelesaikan 2,51% lebih tinggi setelah grup keuangan online SBI Holdings (8473.T) berhasil meningkatkan kepemilikannya di bank menjadi 47,77% dari sekitar 20% sebelumnya.

Toyota Motor membebani Topix paling banyak dengan kehilangan 2,44% setelah pembuat mobil itu memperluas penghentian produksi di beberapa pabrik di Jepang karena kekurangan komponen yang dikirim dari pabrik suku cadang di Asia Tenggara.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street malam ini, yang jika terus meningkat akan memberikan sentimen positif bagi bursa Jepang dan sebaliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here