Mata Uang Safe Haven Turun Seiring Meredanya Kekhawatiran Omicron

825

(Vibiznews – Forex) Mata uang safe haven Yen diperdagangkan di dekat level terendah satu bulan terhadap dolar pada hari Selasa setelah reli Wall Street ke rekor tertinggi semalam, dengan meredanya kekhawatiran Omicron.

Mata uang Jepang melemah sejauh 114,935 yen per dolar untuk pertama kalinya sejak 26 November, mendekati level terendah tahun ini 115,525 yang dicapai 24 November.

S&P 500 berakhir pada rekor tertinggi pada hari Senin setelah data penjualan ritel AS yang kuat meredakan kekhawatiran dari varian virus corona Omicron, yang telah memaksa ribuan pembatalan dan penundaan penerbangan selama liburan dan kapal pesiar terdampar.

Dolar AS, juga dipandang sebagai aset safe haven, terus melemah menuju ujung bawah kisaran perdagangan baru-baru ini versus sekeranjang rekan-rekan, bahkan setelah kemiringan hawkish di Federal Reserve yang membuat pembuat kebijakan mengisyaratkan peningkatan suku bunga tiga perempat poin tahun depan.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap enam rival utama, sedikit berubah dari sesi sebelumnya di 96,076.

Reli saham AS menyiratkan bahwa selera risiko investor saat ini sangat kuat meskipun ada ekspektasi untuk pengetatan Fed yang lebih cepat.

Sterling, yang sering naik ketika sentimen risiko membaik, bertahan dekat dengan level tertinggi satu bulan di $1,3445 yang dicapai semalam.

Dolar Australia, sering dianggap sebagai proksi likuid dari selera risiko, naik kembali ke level tertinggi tiga minggu di $0,6850, yang dicapai pada hari Jumat.

Euro berkonsolidasi di dekat puncak kisarannya terhadap dolar bulan ini, sedikit berubah dari hari Senin di $1,13255.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang safe haven seperti Yen akan menurun seiring meredanya kekhawatiran omicron. Demikian juga dolar AS dapat melemah, juga jika data ekonomi AS yang akan dirilis terealisir menurun akan menekan dolar AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here